Kesehatan

Waspada 5 Kebiasaan Penyebab Rambut Rontok

Waspada 5 Kebiasaan Penyebab Rambut Rontok

Salah satu bentuk keindahan pada wanita terletak pada rambutnya. Sekalipun tidak menutup kemungkinan hal ini juga berlaku pada pria. Oleh karena itu menjaga rambut agar tetap sehat adalah keharusan. Jangan melakukan kebiasaan yang dapat rambut rusak. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai kebiasaan penyebab rambut rontok yang harus Anda hindari.

Hindari Ikat Rambut Secara Kencang
Kebiasaan ini pasti biasa dilakukan terutama bagi para wanita yang memiliki rambut panjang. Pada umumnya agar rambut tidak terlalu mengganggu saat aktivitas, Anda akan mengikat rambut dengan kencang layaknya dikuncir ataupun dikepang. Perlu Anda ketahui, hal ini dapat menyebabkan rambut tertarik sekalipun perlahan-perlahan dan tidak langsung.

Seiring dengan berjalannya waktu, akar rambut akan melemah. Jika sudah begini, maka siap-siap saja rambut akan rontok. Apabila tidak terlalu melakukan aktivitas yang berat-berat atau tidak terlalu mengganggu, Anda bisa membiarkan saja rambut terurai. Dengan begitu, rambut menjadi lebih bebas ‘bernapas’.

Jarang Menyisir Rambut
Jarang menyisir rambut terutama bagi Anda yang beranggapan menggunakan tudung kepala, dapat mempercepat rambut rontok. Hal ini dikarenakan rambut secara terus menerus tertekan. Secara tidak langsung, kulit kepala dan akar rambut menjadi lebih rentan terlipat, tidak lurus, bahkan bergelombang. Oleh karena itu, usahakan setiap hari Anda menyisir rambut dengan baik. Terutama menggunakan sisir yang bergigi jarang atau renggang.

Selain itu, usahakan juga setiap hari Anda berjemur di bawah sinar matahari pagi langsung. Lakukan pada pukul 7 pagi hingga setengah 9 pagi. Hal ini dikarenakan sinar matahari pagi masih memiliki kandungan vitamin yang baik bagi tubuh sekaligus baik untuk kesehatan akar rambut dan kulit kepala. Selain itu, dengan sering-sering menyisir rambut bisa menguraikan rambut yang saling terikat satu sama lain yang dapat menarik akar rambut.

Hindari Kebiasaan Menarik dan Memelintir Rambut
Penyebab rambut rontok berikutnya adalah kebiasaan menarik dan memelintir rambut. Terutama bagi Anda yang terbiasa memainkan rambut. Usahakan jangan melakukan hal ini lagi. Rambut yang sering dipelintir maupun ditarik membuat akar menjadi lebih rapuh. Biarkan saja rambut terjulur apa adanya. Apabila Anda ingin memperindah rambut, Anda bisa menambahkan aksesoris saja. Jangan terlalu sering membuat rambut terbentuk apapun hingga menyebabkan bergelombang.

Menggosok Rambut dengan Keras Saat Keramas
Apabila Anda keramas, usahakan menggosok rambut dengan lembut. Selain itu, jangan menggunakan kuku. Terlebih lagi Anda merasakan gatal dan ingin menggaruk kulit kepala. Kuku terlebih yang panjang dan runcing dapat menyebabkan kulit kepala cepat luka. Biasanya setelah mandi Anda akan merasakan sedikit sensasi rasa perih di kepala.

Selain itu pada saat bilas keramas, usahakan rambut Anda belah dengan sela-sela jari Anda. Layaknya menyisir tapi menggunakan jari tangan. Dengan begitu, rambut-rambut yang saling terkait dan terikat menjadi lebih terurai. Efeknya akan terlihat saat rambut Anda kering setelah keramas. Tidak ada lagi rontokan rambut yang biasa muncul saat mengeringkan rambut.

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Pengering Rambut
Biasanya cara kerja pengering rambut menggunakan suhu panas untuk mempercepat pengeringan. Padahal, rambut yang basah cenderung lebih dingin. Apabila suhu panas pengering rambut langsung bertemu dengan suhu dingin pada rambut, dapat menyebabkan rambut cepat rusak. Sebagai gantinya Anda bisa mengiringkan dengan suhu yang tidak terlalu panas misalnya menggunakan kipas angin biasa dengan menjaga jarak aman.

Itulah beberapa kebiasaan yang menjadi penyebab rambut rontok. Mulai saat ini Anda harus lebih memperhatikan dengan baik mengenai kesehatan rambut ini. Jangan lupa juga menggunakan vitamin rambut dengan kandungan yang alami agar rambut tetap sehat.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here