Otomotif

Toyota Siapkan Jajaran Kendaraan Elektrik & Aksesibel buat Olimpiade Tokyo 2020

Toyota telah menyiapkan jajaran kendaraan dan alat transportasi canggih untuk mendukung pelaksanaan . Sebanyak 90 persen di antaranya merupakan kendaraan elektrik. Hal ini dilakukan untuk mencapai target emisi terendah yang pernah dihasilkan oleh gelaran olahraga sejenis. Toyota pun telah mengembangkan versi terbaru dari sejumlah kendaraan yang telah ada untuk mengakomodasi kebutuhan mobilitas yang beragam. Sebanyak 90 persen dari 3.700 kendaraan yang disiapkan merupakan kendaraan bertenaga listrik. Adapun kendaraan elektrik ini meliputi Hybrid Electric Vehicles (HEV), Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), Plug in Hybrid Electric Vehicles (PHEV), dan Battery Electric Vehicles (BEV). Toyota juga telah menyiapkan Accessible People Mover (APM), e Palette, dan Toyota LQ, alat transportasi yang mengakomodasi berbagai kebutuhan mobilitas para peserta selama . Sebanyak 2.700 unit kendaraan akan digunakan sebagai alat transportasi antar venue selama penyelenggaraannya. Salah satunya adalah Toyota Mirai (FCEV), kendaraan resmi yang juga tersedia di pasar konsumen. Toyota Mirai adalah mobil FCEV dengan bahan bakar hidrogen dan merupakan next level electrification dari kendaraan Toyota.

Selain itu, Toyota juga menurunkan Fuel Cell Bus “Sora”, kendaraan pendukung yang mampu mengangkat penumpang ke kursinya dan dilengkapi dengan ramp untuk akses kursi roda. Perhitungan awal Toyota memprediksi jumlah rata rata emisi karbon yang dihasilkan sepanjang penyelenggaraan pesta olahraga ini adalah sekitar 80 gram per kilometer. Jumlah ini hanyalah separuh dari emisi yang dihasilkan oleh armada transportasi konvensional dengan jumlah yang sama dalam acara dengan skala serupa. Jumlah ini pun diharapkan semakin menurun dengan adanya alat transportasi dan kendaraan elektrik mutakhir lainnya. Toyota memang menargetkan menjadi acara olahraga dengan tingkat emisi paling rendah yang pernah ada.

Lebih jauh lagi, Toyota pun memastikan keselamatan para penumpang dan melakukan mitigasi kerusakan. Setiap kendaraan Toyota dilengkapi dengan teknologi Toyota Safety Senses dan Lexus Safety System +. Tak hanya itu, hampir seluruh armada Toyota yang tersedia secara komersial juga telah dilengkapi dengan Intelligent Clearance Sonar (ICS) yang dirancang untuk mengerem secara otomatis ketika pedal akselerasi tidak sengaja terinjak. Toyota berpegang kepada tiga pilar dalam penyelenggaraan . Pilar pertama adalah mobility for all yang memastikan semua orang memiliki kebebasan untuk bergerak. Kedua adalah sustainability, yaitu menyadari akan pentingnya keamanan dan keberlangsungan lingkungan. Terakhir adalah dengan menggunakan Toyota Production System (TPS) untuk mendukung akses transportasi selama penyelenggaraan. Jajaran kendaraan elektrik, alat transportasi, dan TPS yang telah disiapkan oleh Toyota ini diharapkan bukan hanya mampu mengurangi dampak terhadap lingkungan, namun juga membantu mobilitas para atlet, penyelenggara, dan pengunjung pesta olahraga ini. Toyota juga telah menyiapkan sejumlah robot yang akan membantu penyelenggaraan dan memberikan pengalaman unik bagi setiap orang yang berpartisipasi dalam .

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here