Kesehatan

Tanda Sederhana Ini Ternyata Dapat Ungkapkan Risiko Penyakit dalam Tubuhmu Tes Kesehatan

Untuk menjaga kesehatan dengan baik, ada baiknua kamu harus menjalani pemeriksaan medis lengkap setidaknya setahun sekali. Namun, kamu juga harus berhati hati terhadap kesehatan sebelum memutuskan memeriksa ke dokter. Ada tes khusus yang dapat kamu lakukan untuk mendiagnosis penyakit serius dalam tubuhmu.

Bahkan hal tersebut dapat ungkapkan sebelum gejala pertama muncul. Dilansir dari Bright Side berikut serangkaian tes sederhana yang dapat kamu lakukan untuk memperkirakan risiko penyakit yang kamu alami sebelum periksa ke dokter. Buat jari jarimu dalam bentuk huruf J terbalik dan letakkan kukumu satu sama lain.

Apakah kamu melihat sela sela kecil di antara mereka? Hebat, ini berarti jantung dan pembuluh darahmu sangat sehat. Fakta, jari jari menjadi lebih tebal berarti darah tidak memiliki cukup oksigen.

Kekurangan oksigen dapat disebabkan oleh berbagai alasan . Misalnya, penyakit kardiovaskular, masalah paru paru, dan masalah pencernaan. Untuk melakukan tes ini kamu memerlukan timer.

Angkat kakimu sehingga pinggul sejajar dengan lantai dan mulai timer. Jika kamu dapat berdiri seperti ini selama 20 menit atau lebih, itu berarti kamu memiliki sedikit risiko terkena stroke. Namun sebaliknya, jika kamu kesulitan menjaga keseimbangan dengan satu kaki, itu mungkin mengindikasikan ada masalah dengan pembuluh otak.

Tes ini sangat mudah dilakukan. Saat kamu berdiri di depan cermin, tarik kelopak mata bawah ke bawah. Jika warnanya merah muda, semuanya baik baik saja.

Namun, jika kamu menderita anemia, warnanya mungkin merah muda pucat bahkan kekuningan. Anemia disebabkan oleh kurangnya hemoglobin dan menunjukkan bahwa otot dan jaringan dalam tubuh tidak menerima oksigen yang cukup dan tidak dapat bekerja pada 100persen. Jika kamu menyadari, matamu tampak begitu pucat, kamu cepat lelah, atau bernapas berat, kamu harus memeriksakan diri ke dokter.

Kehilangan rambut adalah proses alami. Menurut dokter, kita kehilangan 50 hingga 100 rambut setiap hari. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Tetapi untuk memahami kapan saatnya khawatir, kamu dapat melakukan tes sederhana. Ambil sejumput rambut dan tarik. Jangan menarik terlalu keras.

Jika kamu hanya memiliki sekitar 2 3 rambut di tanganmu, itu sangat normal. Jika kamu memiliki lebih banyak dari itu, kamu perlu waspada. Di sisi lain, ada banyak alasan mengapa orang kehilangan rambut, di antaranya stres, kebersihan yang buruk, atau masalah kesehatan yang serius.

Namun, tanpa disadari rambut sering menjadi tipis karena ketidakseimbangan hormon atau kekurangan nutrisi. Gejala gejala ini seharusnya jangan diabaikan. Tes ini dideteksi dengan melakukan aktivitas sederhana.

Angkat tanganmu ke atas sehingga lenganmu sejajar dengan wajah. Cobalah untuk mencapai pangkal telapak tangan dengan ujung jarimu. Jika kamu bisa melakukan ini selama 1 2 menit, berati menandakan jika kamu baik baik saja.

Tetapi jika kamu mengalami kesemutan, mati rasa, atau rasa sakit di pergelangan tangan atau jarimu, hal tersebut bisa menjadi tanda sindrom terowongan. Bila tidak segera ditangani, rasa sakit dan mati rasa tersebut akan semakin memburuk sehingga dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang lebih serius. Untuk melakukan tes ini, tampaknya kamu perlu bantuan.

Mintalah orang lain untuk mengambil pensil dengan penghapus. Suruh mereka menyentuh kakimu dengan ujung pensil yang tajam dan dengan penghapus, secara bergantian. Bisakah kamu mengetahui sisi pensil yang mana yang menyentuh kamu tanpa melihat?

Jika kamu tidak sepenuhnya merasakan sentuhan, itu berarti ujung saraf pada kakimu tidak berfungsi dengan baik. Sensitivitas yang rendah dapat menjadi indikator diabetes . Sambil berbaring di lantai, posisikan kakimu pada sudut 45 ° dan pertahankan selama beberapa menit.

Sekarang, evaluasi warna kakimu. Kaki dan jari kaki yang sangat pucat menunjukkan sirkulasi darah yang sangat buruk. Perubahan warna bisa dilihat di kedua kaki atau hanya dalam satu.

Arteri perifer mengalirkan darah ke anggota gerak. Dan ketika arteri tersumbat, otot otot tidak mendapatkan cukup oksigen dan gejala yang tidak menyenangkan seperti mati rasa, sakit, dan lainnya mungkin muncul. Kondisi ini disebut penyakit arteri perifer (PAD) dan sulit untuk melihat gejala pada awalnya.

Jika tidak diobati, PAD dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Untuk melakukan tes ini, kamu harus berada di ruangan yang tenang. Dekatkan tangan ke telinga dan gosokkan jari jarimu.

Apakah kamu mendengar suaranya? Kemudian, letakkan tanganmu sejauh mungkin dari telinga dan gosokkan jari jarimu lagi. Masih bisakah kau mendengar suaranya?

Jika hal tersebut masih terdengar maka pendengaranmu dalam keadaan yang baik baik saja . Jangan lupa melakukan hal yang sama dengan telinga lainnya. Untuk melakukan tes ini, kamu harus naiki tangga (8 12 langkah) sambil menyanyikan lagu.

Hal lain juga bisa dilakukan dengan berbicara di telepon atau membaca sesuatu. Terpenting dalam tes ini adalah kamu melakukan kegiatan dengan berbicara. Jika kamu merasa jantungmu berdebar debar dan kamu tidak dapat bernapas dengan baik, itu berarti sistem kardiovaskular dan paru parumu tidak dapat menangani aktivitas fisikmu.

Namun, jika kamu memiliki gejala yang lebih mengkhawatirkan sebaiknya segera periksa ke dokter.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here