Nasional

sebagai Pertanda Berakhirnya Musim Panas Sejarah Perayaan Halloween

Perayaan Halloween2019 yang diperingati pada hari ini, Kamis (31/10/2019), sudah menjadi tradisi setiap tahunnya dan dirayakan dengan kostum menyeramkan. Perayaan Halloween 2019 kerap diperingati denganberbagai tradisi yang berbeda beda disetiap negara. Halloween juga dimaknai pertanda berakhirnya musim tanam, dan menyambut datangnya musim dingin sebagai tradisi rakyat.

FestivalHalloweenini diawali dari festival 'Samhain'. Samhain berasal dari bahasa Irlandia kuno yang berarti akhir musim panas. BangsaCelticpercaya bahwa akhir Oktober merupakan hari di mana pembatas antara dunia manusia dan dunia orang mati terbuka.

Dalam kepercayaan mereka, pada tanggal31Oktober, orang yang sudah mati akan masuk ke dunia manusia. Hal tersebut untuk menyebarkan penyakit dan juga merusak tanaman yang akan manusia panen. Para bangsaCelticmenggunakan topeng menyeramkan.

Agar terlihat seperti roh jahat, sehingga bisa berdamai dengan roh jahat dari dunia orang mati. Salah satu simbolHalloweenadalah labu yang dibentuk dengan wajah menyeramkan yang biasa disebut dengan Jack O' Lantern. Jack adalah seorang petani yang cerdas namun malas.

Jack berhasil menipu sang setan dengan salib sehingga setan berjanji untuk tidak memasukkan Jack ke neraka. Ketika Jack meninggal, Jack tidak boleh masuk surga karena telah banyak berbuat dosa. Tapi ia juga tidak diizinkan masuk ke dalam neraka, karena setan tak menyukai Jack.

Jack kemudian membuat lentera dari lobak besar lalu mengisinya dengan bara api dari neraka. Labu itu ia gunakan sebagai penerang. Ia pun bisa melihat jalan pulang kembali ke dunia manusia, berkat lenteranya.

Tradisi lain dalam perayaanHalloweenadalahTrickorTreat, yaitu menggunakan kostum menyeramkan. Hal itu dilakukan sambil berkeliling membawa labu menyeramkan menuju rumah tetangga meminta permen, kemudian teriak "Trick or Treat". Nah,TrickorTreatpada awalnya hanya dilakukan oleh anak kurang mampu, dan ia akan mendoakan setiap orang yang memberikannya makanan atau permen.

Namun saat ini hampir seluruh anak anak menggunakanTrickorTreatini Halloween adalah representasi sejarah yang kaya akan budaya. Perayaan ini bukanlah perayaan iblis atau setan.

Dikarenakan orang Eropasuka berkelana, maka dari itu tradisi perayaanHalloweenmenyebar diAmerikaSerikat,Australia, bahkan saat ini hampir seluruh dunia ikut merayakanHalloween. (*)

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here