Metropolitan

Saat Mereka yang Hadir Terkesima dengan Susi Pudjiastuti

Memakai setelan pakaian warna jingga, rok hitam, dilengkapi selendang, Susi Pudjiastuti berjalan menuju panggung. Langsung disambut para penggemarnya.Tak ketinggalan, Susi juga diajak swafoto dengan tamu yang hadir. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan inI hadir menjadi pembicara di acara Diskusi Publik bertajuk Ekonomi Indonesia Era Kabinet Indonesia Maju di Balai Sarwono, Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (27/11/2019). 48 nama tercatat oleh panitia untuk swafoto dengan Susi diakhir acara. Banyak dari mereka yang kemudian mengungkap kecewaan lantaran Susi tidak lagi menjadi menteri di periode kepresidenan ini.

Dalam diskusi itu, wanita yang juga mendirikan maskapai penerbangan Susi Air ini membahas segala permasalahan yang ia hadapi selama menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. Mulai dari masalah ekspor impor ikan, hingga birokrasi yang menghambat. Dikupas satu per satu. Dari penjelasannya itu Susi terlihat bersemangat membahas hal seputar industri perikanan. Menurutnya, perikanan menjadi salah satu potensi Indonesia, keluar dari tekanan resesi global."(Kondisi) global sedang resesi, tetapi nature resources kita kaya. Sebetulnya nature resource ini kayak sekoci buat negara," ujar Susi. "Sekoci untuk negara yang mempunyai nature resources yang baik, banyak untuk keluar dari tekanan krisis global," lanjutnya.

Hal itu katanya lagi harus disertai dengan mendaur ulang sumber daya tersebut secara sustainable. Melalui kebijakan pemerintah, serta kerjasama para pihak di sektor perikanan. Mantan Menteri Jokowi ini kemudian mengungkap, adalah hak presiden tidak memilihnya kembali duduk di kabinet. Ia yakin tokoh yang dipilih di kabinet baru adalah para tokoh yang memajukan Indonesia. "Itu semua hak prerogatf pak Presiden, tidak bisa diganggu gugat. Dan itu kita mesti menghormati, mengapresiasi (keputusan tersebut)," kata dia.

"Saya pikir tokoh tokoh (di) kabinet Indonesia Maju ini juga luar biasa, saya yakin akan menjadi baik," ujar Susi. Pada saat menjabat sebagai Menteri, Susi terkenal dengan ketegasannya melalui kebijakan penenggelaman kapal asing yang mencuri sumber daya ikan di perairan Indonesia. "Kalau menenggelamkan kapal, memang amanah Undang Undang. Dan itu belum diganti setahu saya," jelasnya. "Saya ini heran mengapa penenggelaman kapal menjadi kutukan buat saya. Padahal, its a very good thing to solving the very very big problem ," kata Susi.

Pada akhir acara, ia membuat pernyataan bahwa kelas elite mampu mengubah Indonesia menjadi negara yang hebat jika mampu mengelola dan membenahi sumber daya alamnya dengan baik. "Elite kita have enough numbers to moving the economy and development . Persoalannya adalah disciplinary (kedisiplinan). (Industri Perikanan) Unreported, unregulated, undergroundnya harus dibongkar," tegas Susi. "(Politik yang) more honest, more sincere, more appropriate, more manners . Kalau itu sudah conduct (dilaksanakan) kepada masyarakat dan birokrasi kita, Indonesia will be the greatest country," lanjutnya.

Suara tepuk tangan pun langsung meramaikan suasana Balai Sarwono. Para peserta terkesima dengan pernyataan mantan menteri tersebut.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here