Kesehatan

Rajin Cuci Tangan & Tidur Cukup Tips Hidup Sehat di Tengah Pandemi yang Bisa Kamu Lakukan

Pandemi virus corona belum juga berakhir. Untuk itu pemerintah terus mengimbau masyarakat agar tertib menjalani aturan yang dibuat. Di Indonesia korban, virus yang berasal dari Wuhan, China ini masih terus bertambah.

Sementara itu, secara global virus ini telah menewaskan lebih dari 320 ribu jiwa hingga Selasa (19/5/2020). Para peneliti masih berupaya untuk menemukan vaksinnya. Namun, hal itu memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Baru baru ini masyarakat diimbau untuk harus beradaptasi dan beraktivitas normal dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal itu dikenal dengan istilah new normal. Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Wiku Adisasmita menjelaskan apa itu new normal,

Pripsipnya, new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan menerapkan protokol pencegahan terjadinya penularan Covid 19. Beberapa ahli dan pakar kesehatan dunia telah memastikan bahwa kemungkinan paling cepat dapat ditemukannya vaksin adalah pada 2021. Artinya, masyarakat harus menjalani kehidupan secara new normal hingga tahun depan, bahkan lebih.

Sebelum semua itu terjadi, sebaiknya kita mulai menjalankan pola hidup sehat. Yang pertama adalah makan makanan bergizi. Hindari konsumsi junk food, perbanyak sayur dan buah.

Dengan mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, asupan nutrisi tubuhmu akan selalu terjaga. Selain itu, cukupi kebutuhan mineral agar tubuh selalu terhidrasi. Minimal konsumsi 8 gelas air putih atau sekitar 2 liter.

Selanjutnya adalah rutin berolahraga. Dengan berolahraga, tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit. Karena olahraga membuat tubuh terus meregenerasi sel sel yang ada.

Tak perlu ke gym, kamu bisa melakukan olahraga ringan. Misalnya seperti jalan santai, bersepeda, senam, yoga hingga workout di dalam rumah. Nah, agar tidak bosan kamu bisa membuat jadwal olharaga di rumah.

Lakukan secara bergilir, jangan lupa ajak anggota keluargamu ya! Sebuah penelitian membuktikan tangan merupakan bagian tubuh yang paling kotor. Sekitar 98% penyebaran kuman pada tubuh manusia berasal dari tangan kita sendiri.

Itulah sebabnya, mencuci tangan sangat penting di tengah pandemi seperti ini. Namun air saja tidak cukup, untuk menghilangkan kuman dan bekteri harus dengan di air mengalir. Cuci tangan yang benar minimal 20 detik agar dapat menjangkau seluruh bagian tangan.

Sayangnya tidak semua tempat menyediakan air mengalir dan sabun cuci tangan. Maka sebaiknya sediakan selalu dalam tas saat hendak bepergian. Selain mendapatkannya di supermarket, Tokopedia juga lho.

Ada berbagai merek yang bisa kamu pilih seseuai dengan selera dan budget mu. Idealnya, dalam satu hari tubuh kita memerlukan waktu tidur 8 jam. Jika kita bisa mengatur waktu dengan baik, hal itu tentu tidak susah.

Namun tidak demikian untuk mereka yang menderita insomnia. Jika insomnia yang kamu derita mulai mengganggu, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Karena kurang tidur bisa menyebabkan stres, pusing, lemas hingga hormon yang tidak stabil.

Pemerintah mewajibkan masyarakat untuk memakai masker saat pergi ke luar rumah. Masker yang dianjurkan adalah masker kain lapis tiga. Masker kain lapis tiga efektis menyaring bakteri debu, asap dan kotoran.

Pilihlah bahan masker juga ringan, aman dan bebas dari alergi.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here