Lifestyle

Psikolog Beri Tanggapan Pemilik Sesalkan Tak Adanya Permintaan Maaf Photocard EXO Dirusak Sepupu

Curhatan penggemar K Pop yang koleksi photocard nya dirusak oleh sepupunya yang masih berusia 5 tahun viral di media sosial. Melalui akun Twitter pribadinya,@bigcuttoncandy, ia mengungkapkan sepupunya tersebut menggunting sejumlah photocard Chanyeol EXO yang dimilikinya untuk dijadikan rumah rumahan. Ia menyebutkan, setelah kejadian tersebut, sepupu maupun orang tua sepupunya sama sekali tidak meminta maaf.

Penggemar K Pop itu pun tampak menyesalkan sikap tersebut. Sejumlah warganetjuga mengaku memiliki pengalaman serupa, mereka diminta untuk memaklumi kesalahan yang dilakukan oleh anak anak. Menanggapi kejadian ini, PsikologMaya Savitri, S. Psi, CHt mengatakan sekecil apapun kesalahan anak, sebaiknya orang tua mampu mengarahkannya untuk meminta maaf.

Pasalnya, menurut Maya, dasar pembentukan perilaku anak usia dini ada di tangan orang tuanya. "Sehingga, kelak terbentuk akhlak dan perilaku yang lebih positif," sambungnya. Mengenai benar tidakkah meminta orang lain memaklumi kesalahan anak anak, menurut Maya, hal ini tergantung sudut pandangnya.

Dalam sudut pandang sebagai orang tua, maka ketika anak melakukan kesalahan, saat itulah orang tua sebaiknya mengajarkan mereka untuk bertanggung jawab pada perbuatannya. Selain itu, anak juga perlu dilatih untuk berempati. Menurut Maya, hal hal tersebut perlu dipupuk sejak dini.

Sementara itu, dari pihak sepupu yang koleksinya dirusak, menurut Maya, hal ini bisa dijadikan sebagai pembelajaran baginya untuk menyimpan barang barang. Ia juga perasaannya untuk memahami bahwa sepupunya memang masih anak anak. "Kalau di sisi sepupu, ini sebagaisuatu pembelajaran untuk bisa lebih baik dalam menyimpan barang barang miliknya dan menghargai koleksi yang dia punya, serta menata perasaan untuk melihat sudut pandang kalau memang dia masih anak anak," terangnya.

Lebih lanjut, ia pun menceritakan secara lengkapbagaimana kejadiannya. Pemilik akun @bigcuttoncandy mengungkapkan, di hari itu, ia kebetulan ada keperluan keluar rumah. Ia menyebutkan, di rumahnya hanya ada ibunya serta tantenya yang datang bersama sepupunya tersebut.

"Aku lagi keluar rumah, dari sore ada keperluan." "Di rumah cuma ada mama sendiri, sepupuku sama ibunya datang ke rumah karena mamaku mau bagi beras, tapi karena mamaku lagi ngaji, jadi tanteku nunggu dulu, dia sibuk main HP, anaknya main sendirian dan masuk ke dalam kamar ku," ungkapnya. Setibanya di rumah, ia mengaku langsung menuju kamar untuk beristirahat.

Akan tetapi, ia terkejut mendapati sepupunya tengah menggunting koleksi photocard miliknya. "Aku kaget dan sempat ngebentak dia, 'kamu ngapain motong ini?' lalu dia bilang 'mau bikin rumah', jadi dia buat bangkunya," cerita dia. Ibu dan tantenya pun kemudian langsung menuju kamarnya begitu mendengar ia bersuara keras.

Ia mengaku saat itu memang sangat terkejut dan tak tahu lagi harus berbuat apa. "Udah kaget banget dan gak tahu harus bilang apa, aku cuma nangis aja," kata ia. Sementara itu, ia pun menyesalkan tidak adanya permintaan maaf dari orang tua sepupunya.

"Ya akhirnya diganti pun tidak, minta maaf pun nggak," ujarnya. "Tante ku bilang 'foto gitu doang nanti dicetakin lagi,' tapi itu official yang jadi harus beli album dan belum tentu dapat member EXO yang aku mau, jadi harus nyari orang yang mau jualfoto member yang kita mau, untung untungan dapatnya," terang dia. Kisah yang [email protected] ini viral di Twitter saat ia unggah pada Senin (1/6/2020) lalu.

Hingga Jumat (5/6/2020) malam, unggahannya tersebut telah dibagikan lebih dari 4.000 kali dan disukai lebih dari 12.000 orang. "Baru bgt nyampe rumah, dan ngeliat photocard berserakan, dan ada yg di potong", ternyata itu ulah sepupu yang masih 5 tahun, photo Chanyeol mau di bikin rumah"han katanya makanya dia potong jd bangku." "MENGUMPAT DAN MENANGIS DALAM 20 JUTA BAHASA," tulisnya di Twitter.

Ia pun mengungkapkan total kerugian dari kerusakanphotocardtersebut. Pemilik akun tersebut mengatakan, ia memiliki sekitar 50 anphotocard. Masing masingphotocardyang ia punya memiliki harga sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 550 ribu per item.

"Kalau harga per item yang aku punya dari harga Rp 100 ribu sampai Rp 550 ribu per item, yang paling mahal itu yangrare, yang susah banget dicarinya," terang dia. Bahkan, ia menambahkan, umumnya, beberapaphotocardjuga ada yang dijual seharga Rp 1 juta per foto. Sementara itu, ia menjelaskan, photocard Chanyeol yang dirusak oleh sepupunya ini merupakanphotocardyang harganya paling mahal dari photocard anggota EXO lainnya.

"Foto Chanyeol saja (yang dirusak)," "Dari semua member,foto dia memang yang paling mahal," ujarnya.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here