Metropolitan

PKL Itu Seharusnya Ditata Penataan PKL Ada 3 Zona Saat CFD Bukan Ditertibkan Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berterima kasih kepada Pedagang Kaki Lima (PKL) yang sudah mau diatur dalam penempatan lokasi berdagang di kawasan Car Free Day (CFD), Minggu (3/11/2019) di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Penataan kawasan PKL di DKI Jakarta bertujuan agar kawasan CFD bebas untuk pejalan kaki atau pengendara sepeda. Menurut Anies Baswedan, PKL itu seharusnya ditata, bukan ditertibkan.

"Saya sampaikan apresiasi, terima kasih kepada para PKL yang mereka mau mengikuti apa yang kita atur," ujarnya, melihat dari tayangan YouTube Kompas TV (3/11/2019). Anies menambahkan, jika di Jakarta pada prinsipnya itu setara, kesempatannya diberikan, tapi bukan tanpa diatur. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melarang PKL berdagang di zona merah.

Zona merah tersebut berada di jalan Thamrin hingga Dukuh Atas, yang tidak boleh digunakan untuk berjualan. Berikut penjelasan tiga zona dari akun Instagram Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta @dishubdkijakarta: Tiga zona penataan PKL DKI Jakarta menurut akun Instagram @dishubdkijakarta, terdiri dari zona hijau yaitu zona yang boleh digunakan berdagang terletak di kawasan:

1. Jalan Karet Pasar Baru Timur III 2. Jalan Galunggung 3. Jalan Teluk Betung

4. Jalan Blora 5. Jalan Sumenep 6. Jalan Kebon Kacang

7. Jalan Sunda Zona kuning adalah zona boleh dagang di trotoar yang terletak di Wisma BNI 46 hingga Patung Pemuda, dan Jalan Mh Thamrin hingga Patung Arjuna Wijaya. Sedangkan zona merah yang dilarang sebelumnya, merupakan tempat yang tidak boleh ada aktivitas perdagangan di badan jalan maupun trotoar.

Aktivitas pedagang di kawasan Zona hijau dan kuning selama Car Free Day dibatasi waktu, mulai pukul 06.00 hingga 11.00 WIB. Setelah periode itu, ruas jalan akan dibuka kembali untuk lalu lintas kendaraan bermotor. Dikutip dari (3/11/2019), dengan adanya penataan kawasan PKL di kegiatan CFD tersebut, Anies bersyukur para PKL bisa mendapatkan rezeki.

"Begitu diatur baik baik, alhamdulillah, mereka pun dapat kesempatan mendapat rezeki dari begitu banyaknya orang di sisi lain yang berolahraga nyaman," tutur Anies Baswedan. Tujuan dari penataan kawasan yang digunakan untuk CFD ini adalah untuk mengembalikan tujuan utama dari kegiatan CFD sebelumnya yang sudah diadakan sejak 2001. "Pada waktu itu memang digunakan untuk salah satu kegiatan pengurangan polusi emisi udara, yang kedua adalah kegiatan olahraga dengan berjalan kaki dan bersepeda," kata Anies usai bersepeda di Bundaran HI, Jakarta Pusat, dikutip dari .

Bukan melarang para pedagang untuk berjualan di kawasan CFD, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membagi kawasan tersebut menjadi zona hijau, kuning, dan merah. Penerapan tiga zona untuk menata kawasan PKL tersebut hanya berlaku selama kegiatan CFD berlangsung.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here