Travel

Pilot Ini Dituntut oleh Pramugari karena Diduga Pasang Kamera Tersembunyi di Pesawat

Menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang selama penerbangan menjadi tugas pramugari dan awak kabin lainnya. Hal itulah yang membuat seorang pramugari mengajukan gugatan setelah mengetahui dua pilot maskapai tersebut memasang kamera tersembunyi di toilet pesawat. Pramugari Southwest Airlines, Renee Steinaker mengugat pilot yang melakukan penerbangan pada tahun 2017 dari Pittsburgh ke Phoenix.

Mengutip laman BBC, Jumat (1/11/2019), dua pilot yang dilaporkan Renee yakni Kapten Terry Graham dan co pilotnya, Ryan Russell. Pelaporan ini bermula saat Renee memasuki kokpit dan melihat iPad yang menampilkan video langsung dari toilet pesawat. Namun, ke dua pilot tersebut membantah tuduhan memasang kamera tersembunyi di dalam toilet pesawat yang merekam penumpang dan awak pesawat.

Menangapi insiden tersebut, pihak maskapai Southwest Airlines mengatakan jika hal tersebut merupakan humor. Sebelumnya, Renee mengungkapkan jika co pilot, Russell menyuruhnya diam terkait kamera yang ada di toilet pesawat dan menyebutnya sebagai 'langkah keamanan rahasia'. Renee yang tidak terima melaporkan kejadian tersebut kepada maskapai dengan alasan bahwa seorang pilot memerintahkannya untuk tidak bicara dengan siapapun tentang apa yang terjadi.

Atas insiden tersebut, sang pilot tidak diberi sanksi oleh Southwest Airlines dan masih bekerja untuk penerbangan komersial. Seorang pengacara dari Renee, Ronald Goldman mengatakan, "Tuduhan (dalam gugatan ini) merupakan tindakan yang keterlaluan." Dalam sebuah pernyataan, Southwest Airlines mengatakan kepada BBC bahwa pilot tersebut tidak menempatkan kamera di toilet pesawat.

Awalnya, pihak maskapai menolak untuk berkomentar lebih lanjut tentang gugatan tersebut. Namun dalam sebuah pernyataan, pihak maskapai mengatakan jika mereka telah menyelidiki tuduhan itu dan tidak menemukan kamera di dalam toilet pesawat. "Southwest akan dengan kuat membela gugatan itu," kata pihak maskapai.

Pihak maskapai pun menambahkan, "Ketika insiden itu terjadi dua tahun lalu, kami menyelidiki tuduhan itu dan membahas situasi dengan para kru yang terlibat." "Kami dapat mengonfirmasi dari penyelidikan kami bahwa tidak pernah ada kamera di toilet, insiden itu merupakan humor yang tidak pantas dan tidak disetujui perusahaan," kata pihak maskapai. Sementara itu, pengacara yang mewakili para pilot mengungkapkan jika ke dua pilot tersebut mengakui ada iPad di kokpit namun membantah semua tuduhan lain yang diajukan.

Mengutip laman Nytimes, diketahui bahwa Renee merupakan satu dari empat pramugari yang bekerja di Southwest Airlines Penerbangan 1088 yang berangkat dari Pittsburgh ke Phoenix pada 27 Februari 2017. Awalnya Renee mengajukan gugatan pada tahun 2018 di daerah Maricopa, Ariz sebelum kasus tersebut dipindahkan ke Pengadilan Distrik Federal pada bulan Agustus. Ronald Goldman yang merupakan pengacara Renee mengaku jika selama hampir 50 tahun mempraktikan hukum penerbangan belum pernah melihat kasus seperti ini.

"Keberanian atas apa yang terjadi sungguh menakjubkan,"kata Goldman dalam sebuah wawancara. "Tindakan semacam ini sangat tidak masuk akal, menurut pendapat saya, bisa membahayakan keselamatan penerbangan dan menciptkan lingkungan kerja yang tidak sehat," jelas Goldman. Menurut kejadian, sekitar dua setengah jam dalam penerbangan, Kapten Graham meminta pramugari untuk datang ke kokpit saat ia pergi ke kamar kecil.

Dengan alasan protokol Southwest mengharuskan dua anggota kru tetap berada di kokpit setiap saat. Saat memasuki kokpit, Renee melihat iPad dipasang di kaca depan sebelah kursi kapten dan melihat apa yang tampak seperti video streaming langsung dari Kapten Graham di toilet pesawat. Ketika ditanyai, co pilot Russell mengakui jika video itu berasal dari kamera live stream yang dipasang di toilet.

Russell mengatakan kepada Renee jika kamera tersebut merupakan tindakan keamanan rahasia yang telah dipasang di toilet semua pesawat 737 800. Russell kemudian memerintahkan Renee untuk tidak memberitahu siapa pun tentang rekaman atau kamera yang katanya disembunyikan sehingga tidak ada orang yang tahu. Renee kemudian menggunakan teleponnya untuk mengambil gambar iPad yang menunjukkan Kapten Graham di toilet saat itu.

Ketika Kapten Graham kembali ke kokpit, Russell pergi ke toilet pesawat. Kapten Graham yang sudah berada di kokpit memilih untuk menolak menanggapi tuduhan yang diajukan Renee. Renee pun keluar dari kokpit dan memberi tahu pramugari lainnya tentang apa yang terjadi dan menunjukkan gambar yang diambilnya dari iPad.

Ketika pesawat mendarat di Phoenix, Renee melaporkan ke dua pilot tersebut kepada pihak maskapai.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here