Kesehatan

Perlu Dijaga buat Cegah Corona 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Turunkan Daya Tahan Tubuh

Di tengah pandemi Virus Corona, menjaga daya tahan tubuh menjadi hal yang sangat penting. Seperti penjelasan dari para ahli, Virus Coronabisa dengan mudah menginfeksi seseorang yang memiliki daya tahan tubuh menurun. Oleh karenanya,hindarilah kebiasaa kebiasaan buruk yang bisa berdampak pada kekebalan tubuh.

Pikiran yang stres menjadi penyebab utama daya tahan tubuh menurun. Seseorang yang mengalami stres membuat tubuh akan melepaskan kortisol ke aliran darah. Kondisi seperti itulah yang memaksa kondisi imun di tubuh menjadi turun.

Setelah imun turun, saat itulah penyakit atau virus bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh. Pola hidup tidak kalah pentingnya dengan menjaga pikiran untuk tidak stres. Meskipun dalam kondisi social distancing, tetapi berolahraga tetap saja diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Namun perlu diingat, berolahraga juga harus sesuai dengan porsinya. Ketika berolahraga dalam porsi yang berlebihan justru tidak bagus dan berpotensi merusak sistem imun. Maka dari itu, lakukan olaharaga secara seimbang.

Kurangi waktu untuk begadang, apalagi jika tidak diperlukan. Dengan banyak begadang, maka tubuh tidak bisa istirahat secara maksimal. Seperti yang diketahui, tubuh kita memerlukan setidaknya 6 8 jam waktu tidur setiap harinya.

Ketika tidur, tubuh akan dengan mudah membangun kekuatan untuk mengatasi peradangan dan infeksi. Sudah bukan perkara asing jika rokok bisa merusak tubuh, khususnya menyangkut soal paru paru. Selain itu, merokok juga bisa mengacaukan kekebalan tubuh.

Hal itu karena nikotin yang terkandung di dalam rokok bisa meningkatkan kadar kortisol. Akibatnya membuat seseorang menjadi lebih rentan terkena flu ataupun infeksi virus lainnya. Tidak hanya itu, merokok juga bisa menurukan kadar antioksidan pelindung dalam darah.

Mengonsumsi alkohol jelas tidak dianjurkan. Seseorang yang minum alkohol akan berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh karena menganggu flora usus dan juga bisa menyebabkan peradangan hati. Maka dari itu, hindari minum alkohol, apalagi sampai berlebihan.

Menjaga tubuh tetap dalam kondisi prima manjadi hal yang sangat penting di tengah pandemi Virus Corona. Oleh karena itu, kita harus menerapkan pola hidup yang sehat dan juga pola makan yang teratur untuk bisa meningkatkan kekebalan tubuh menghadapi Virus Corona. Karena seperti yang diketahui, Virus Corona akan lebih mudah menginfeksi seseorang yang memiliki kekebalan atau imun tubuh yang rendah.

Meski begitu, untuk meningkatkan imun tubuh tidak selalu identik dengan mengonsumsi jahe. Nutrition Expers Youvit gummy multivitamin, Puteri Aisyaffa menjelaskan buah jambu memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Bukan hal asing lagi jika vitamn C sangat dibutuhkan untuk tubuh sebagai antioksidan dan juga penguat sistem kekebalan tubuh.

Aisya menyarankan untuk mengonsumsi buah jambu secara langsung, tanpa dilakukan proses lain, seperti dijadikan jus. Hal itu tujuannya agar kandungan pada buah jambu tetap terjaga dan tidak berkurang. Kacang kacangan dan daging merupakan makanan yang mengandung zinc tinggi.

Zinc dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan tentunya berfungsi untuk melawan virus yang masuk. Maka dari itu perbanyak mengonsumsi daging dan kacang kacangan, seperti misalnya kacang merah, kacang tanah, mete, dan almond. Menurut Aisya, kaldu tulangmempunyai kandungan L Glutamine.

Kandungan L Glutamine tersebut sangat bagus untuk perbaikan sel, termasuk dinding saluran usus yang membuat tubuh menjadi kebal dan kuat. Glutamine merupakan asam amino esensial yang hanya dihasilkan oleh makanan dan tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. "Usus yang sehat sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, agar lebih kuat."

Selain enak untuk dimakan, jamur ternyata mempunyai peranan untuk meningkatkan imun tubuh. Jamur merupakan sumber beta glucans yang tinggi. Beta glucans itulah yang bisa meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

Aisya mengatakan, fungsi dari nutrisi beta glucans yaitumemastikan sel tubuh kita siap untuk tindakan melawan infeksi.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here