Bisnis

Perhatikan 6 Hal Berikut Panduan Mendapatkan Token Listrik Gratis PLN via www.pln.co.id

Masyarakat meyambut gembira kebijakan pemerintah di tengah pandemi virus corona. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan kebijakan terkait listrik gratis sebagai kompensasi untuk masyarakat. Sebagai upaya mendukung kebijakan Presiden Jokowi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggratiskan biaya bagi konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA).

Selain itu, PLN juga memberikan diskon 50 persen kepada konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA. Kebijakan ini diberikan untuk pelanggan prabayar dan pascabayar. Jokowi mengatakan, kebijakan tersebut berlaku selama tiga bulan, mulai April hingga Juni 2020.

Lantas bagaimana cara mendapatkan token gratis dari PLN ? Apakah semua golongan 900 VA mendapatkan diskon 50 persen? Ada enam hal yang penting perlu diketahui terkait mendapatkan listrik gratis ini.

Diberitakan sebelumnya, untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihan bulan April sampai Juni 2020. Sementara itu, bagi pelanggan prabayar, dapat diperoleh dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan melalui website PLN www.pln.co.id atau ke WhatsApp ke nomor 08122 123 123. Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Bagi pelanggan listrik 900 VA yang bersubsidi, token gratis 50 persen ini akan diberikan berdasar hitungan dari pemakaian bulanan tertinggi dalam tiga bulan terakhir. Layanan akses token gratis melalui WhatsApp untuk pelanggan listrik prabayar 450 VA dan 900 VA bersubsidi saat ini belum bisa dijalankan. Hal tersebut dikabarkan oleh Wakil Direktur PLN, Darmawan Prasojo.

Darmawan mengatakan, hal itu karena saat ini server nomor WhatsApp tersebut sedang ditingkatkan. "Untuk nomer WA ini, memang hari ini kami mendapatkan laporan ada sedikit bermasalah." "Bukan dari pihak PLN nya, tapi dari pihak WhatsAppnya, karena memang traffic nya akan sangat tinggi," kata Darmawan saat konferensi pers di kantor BNPB, Jumat (3/4/2020) siang dikutip dari

Rencananya, layanan akses token listrik gratis PLN ini baru akan dapat berjalan mulai Senin (6/4/2020) besok. "Untuk itu nomor WhatsApp 08122 123 123 InsyaAllah nanti akan bisa berjalan mulai hari Senin." "Tapi saat ini masih dalam perbaikan bukan dari PLN nya, tetapi dari server pihak WhatsApp dengan Facebook nya," terangnya.

Namun demikian, untuk akses token listrik melalui situs PLN saat ini sudah bisa dilakukan. Pelanggan dipersilahkan untuk mengakses situs PLN di situs "Dipersilakan masuk ke website dan pilih menu pelanggan, di situ sudah ada sub menu namanya Stimulus Covid 19."

"Silakan masukkan ID pelanggan atau nomor meternya dan masuk ke token listrik gratis." "Saat token gratis berhasil didapatkan, dipersilakan memasukkan angka tersebut ke kWh meter agar dapat diskonnya sesuai arahan pemerintah," jelas Darmawan. PLN menyatakan tidak semua pelanggan listrik golongan 900 VA mendapat diskon.

Sebab hanya golongan 900 VA bersubsidi yang bisa menikmati diskon tersebut. Untuk mengetahui apakah listrik termasuk golongan subsidi atau bukan, dapat dilihat melalui kode yang tertera pada meteran listrik. Berikut kode yang mendapat gratis dan diskon :

R1/450 VA (Gratis) R1T/450 VA (Gratis) R1/900 VA (Diskon)

R1T/900 VA (Diskon) Sementara kode 900 VA yang tidak mendapatkan diskon 50 persen yakni : R1M/900 VA (Kode Mampu)

R1MT/900 VA Pencatatan stand meter pelanggan pascabayar tidak dilakukan untuk sementara waktu. Dikutip dari unggahan Instagram @pln_id, langkah tersebut diambil dalam rangka mendukung pemerintah guna mencegah Covid 19.

Besaran kWh rekening listrik mulai April 2020 (pemakaian Maret 2020) akan dihitung menggunakan pemakaian rata rata 3 bulan terakhir. Lebih lanjut, ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui pemakaian listrik selama 3 bulan terakhir. A. Lewat dokumen struk/ bukti pembayaran rekening listrik Januari Maret 2020

B. Melihat dari histori pembayaran rekening listrik dengan menggunakan aplikasi PLN mobile C. Menghubungi layanan contact center PLN 123 Ketika kondisi pandemi Covid 19 sudah normal kembali, PLN akan melakukan pencatatan stand meter.

Caranya dengan mendatangi pelanggan sehingga pencatatan dilakukan secara riil/ faktual. Apabila ada kelebihan atau kekurangan, pencatatan akan disesuaikan dengan rekening bulan berikutnya, atau dapat dilakukan koreksi rekening. Pembayaran rekening listrik dapat dilakukan dari rumah melalui mobile banking.

Jika tidak memiliki aplikasi tersebut, bisa juga dilakukan melalui e commerce yang ada. Hal ini dilakukan guna mendukung program social distancing yang dianjurkan pemerintah. Untuk mengetahui informasi tagihan listrik bisa cek melalui aplikasi PLN Mobile dan layanan contact venter PLN 123.

Jika ada pertanyaan bisa melalui sosial media, Instagram @pln123_official, Facebook, Twitter atau CC123 via telpon melalui kode area 123. 1. Chat WhatsApp ke 08122 123 123, ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan. 2. Setelah itu, token gratis akan muncul

3. Masukkan Token Gratis tersebut ke meteran sesuai ID Pelanggan 1. Masuk ke laman 2. Klik menu Pelanggan dan langsung pilih Stimulus Covid 19/ Gratis/Diskon Stimulus PSBB

3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter 4. Token Gratis akan ditampilkan di layar 5. Masukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here