Pendidikan

Pendaftaran UTBK Gelombang II Akan Ditutup pada Senin (1/4/2019), Simak Link Pendaftaran UTBK

Pendaftaran UTBK gelombang II akan ditutup pada Senin (1/4/2019). Peserta UTBK hanya memiliki sisa waktu tiga hari lagi untuk mendaftar. Untuk mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) terdapat beberapa alur dan mekanisme yang harus dilalui peserta.

UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, 2019 serta lulusan paket C tahun 2017, 2018, dan 2019. Link pendaftaran UTBK ada di akhir berita. Sebelum melakukan pendaftaran UTBK, para peserta wajib memiliki akun LTMPT terlebih dahulu.

Sama seperti dengan SNMPTN, UTBK kali ini juga menyaring siswa bidikmisi. Bagi peserta bidikmisi biaya pendaftaran UTBK digratiskan. Sementara bagi peserta umum, biaya pendaftaran yakni sebesar Rp 200 ribu untuk satu kali tes.

Berikut ini alur lengkap pendaftaran, pembayaran hingga cetak kartu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dikutip dari laman resmi ltmpt.ac.id. Membuat akun menggunakan NISN dan NPSN di laman pendaftaran UTBK Login menggunakan akun di laman pendaftaran UTBK

Mengunggah pasfoto berwarba terbaru (1 bulan terakhir) dan mengisi data Memvalidasi biodata Jika biodata tidak valid, peserta wajib melaporkan ke sekolah.

Sekolah akan melakukan koreksi dan melaporkan hasilnya ke PDSPK/PENDIS Peserta kembali login menggunakan akun di laman pendaftaran UTBK dan melakukan langkah urut seperti di atas Jika biodata sudah valid, maka peserta harus mengisikan NIK, No HP, dan kebutuhan khusus (jika ada)

Memilih jenis, lokasi, dan sesi UTBK Melakukan permanen data pilihan Mencetak slip pembayaran yang berisi kode bayar

Menerima pembayaran berdasarkan kode bayar serta memberikan tanda bukti pembayaran Login kembali menggunakan akun di laman pendaftaran UTBK Mencetak Kartu Tanda Peserta UTBK

Selesai Melakukan pendaftaran bidikmisi di laman bidikmisi Peserta yang memenuhi syarat, NISN dan NPSN nya akan di flag oleh bidikmisi

Membuat akun menggunakan NISN dan NPSN di laman pendaftaran UTBK Login menggunakan akun di laman pendaftaran UTBK Mengunggah pasfoto berwarba terbaru (1 bulan terakhir) dan mengisi data

Memvalidasi biodata Jika biodata tidak valid, peserta wajib melaporkan ke sekolah. Sekolah akan melakukan koreksi dan melaporkan hasilnya ke PDSPK/PENDIS

Peserta kembali login menggunakan akun di laman pendaftaran UTBK dan melakukan langkah urut seperti di atas Jika biodata sudah valid, maka peserta harus mengisikan NIK, No HP, dan kebutuhan khusus (jika ada) Memilih jenis, lokasi, dan sesi UTBK

Melakukan permanen data pilihan Mencetak Kartu Tanda Peserta UTBK Selesai

Dikutip dari laman resmi ltmpt.ac.id, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) menjadi syarat wajib untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dibelmawa) kemenristekdikti memberikan penjelasan terkait mekanisme pelaksanaan UTBK. Dikutip dari akun Instagram @dibelmawa , Dibelmawa mengunggah sejumlah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh para peserta UTBK.

Dibelmawa menjelaskan jika tes hanya dilakukan saat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Setelah peserta memperoleh skor, peserta baru bisa mendaftar pilihan prgram studi PTN melalui jalur SBMPTN. Peserta UTBK mendapatkan kesempatan maksimal dua kali mengikuti UTBK.

Peserta yang sebelumnya telah mendaftar pada UTBK gelombang I, maka pada UTBK gelombang II kali ini log in email dan password sama seperti email dan password pendaftaran sebelumnya. Jika peserta tak bisa mendaftar UTBK gelombang I, maka hanya akan ada satu kesempatan mengikuti ujian yakni UTBK gelombang II. Sementara itu pelaksanaan tes UTBK akan dimulai pada 13 April 26 Mei 2019.

Berikut ini link pendaftaran UTBK gelombang II:

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here