Otomotif

Pahami Letak Saringan Udara! Tips Terjang Banjir Pakai Motor Matic

Musim hujan telah tiba, waspada banjir! Musim hujan terkadang menjadi hal yang menyebalkan untuk beberapa bikers. Mulai dari harus memakai jas hujan ketika hujan turun, hingga dihadapi oleh banjir.

Tak sedikit para bikers nekat untuk menerobos genangan air atau bahkan banjir. Bagi pengguna skutik (skuter matic) sebaiknya harus lebih waspada ketika menerobos banjir. Selain mewaspadai lubang dalam genangan air, pengguna motor matic juga harus waspada terhadap motor yang mogok.

Motor yang mogok di tengah genangan air salah satunya disebabkan oleh masuknya air di saringan udara yang cukup besar. Dikutip dari , terdapat beberapa gangguan yang akan dialami. Yang pertama adalah air yang masuk ke dalam CVT, dapat mengganggu kinerja dan bahkan menyebabkan putaran belt menjadi "los".

Kedua, air yang masuk melalui saringan air yang dapat menyebabkan motor mogok. Mekanik senior Omega Motor di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur pernah mengatakan bahwa kebanyakan pengguna motor matic tak tahu posisi saringan udara pada kendaraannya. Ia mengatakan bahwa para pengguna motor matic kebanyakan asal menerobos genangan air tanpa pikir panjang.

”Kalau bebek atau sepeda motor sport kelihatan banget posisi lubang saringan udaranya. Kalau skutik beda beda, ada yang tinggi sampai di balik jok, ada yang tampak. Ini yang pengguna harus bisa mengenali agar tahu batasan menerjang air,” kata Babe. Jadi jika ingin menerobos genangan atau banjir, perhatikan posisi saluran angin motor. Jika letaknya cukup tinggi, kamu bisa sedikit lebih tenang.

Selain memerhatikan letak lubang saringan udara, kamu juga harus paham sumber kelistrikan motor. Memerhitungkan cara mengendarai sekaligus menerabas genangan air merupakan hal yang wajib agar motor tidak mogok. Selain menerobos banjir, jalanan yang licin juga menjadi momok bagi pengendara roda dua.

Kondisi aspal yang basah dan kondisi ban motor yang tidak layak menjadi penyebab kecelakaan. Untuk menghindari kecelakaan, maka beberapa harus memerhatikan beberapa hal. Termasuk mengecek kondisi ban.

Jika ban yang sudah tidak layak, maka sudah saatnya untuk mengganti ke ban yang baru. Selain itu, saat berkendara di saat hujan, teknik pengereman juga harus diperhatikan. Teknik pengereman yang benar akan membuat motor tidak tergelincir saat jalan basah.

Ban merupakan hal yang paling utama diperhatikan saat berkendara di musim hujan. Kondisi ban yang sudah tidak layak dapat membuat pengendara mudah tergelincir saat melewati jalan basah. Segeralah ganti ban bila kondisi ban sudah aus atau ulir pada ban sudah tidak terlihat.

Dan jika menggunakan ban untuk jalan kering, ada baiknya untuk menggantinya ke ban yang diperuntukan di jalan basah. Mengemudikan motor di jalan yang basah berbeda dengan di jalan dengan kondisi yang kering. Termasuk di segi pengereman.

Teknik pengereman saat berada di jalan yang licin adalah jangan menarik tuas rem terlalu dalam. Selain itu jangan pula melakukan pengereman secara mendadak. Teknik ini berguna bagi pengguna kendaraan yang belum memiliki fitur Antilock Breaking System (ABS).

Jika kendaraanmu menggunakan ABS, maka saat kamu melakukan pengereman yang mendadak atau menarik tuas terlalu dalam, maka sistem ABS akan bekerja dengan sendirinya. ABS diciptakan untuk tidak mengunci ban saat melakukan pengereman dengan keras. Dengan harapan cepat sampai tujuan, banyak pengguna motor melaju terlalu kencang saat sedang terjadi hujan.

Memacu motor terlalu kencang dapat membuat pengendara lebih berisiko mengalami kecelakaan. Hal tersebut disebabkan karena saat melaju kencang, mata kita terfokus ke depan tampa memerhatikan kanan dan kiri. Terlebih lagi saat sedang turun hujan, pandangan mata akan terbatas.

Jadi, jangan pernah melaju kencang saat di jalan yang licin atau saat sedang terjadi hujan. Jika terjadi hujan deras, ada baiknya untuk berteduh dan meminum secangkir teh hangat. Jas hujan Training adalah jas hujan yang memiliki dua bagian.

Dua bagian tersebut adalah celana dan jaket. Jas hujan model ini lebih aman karena tidak ada bagian yang terbang saat berkendara. Kasus kecelakaan tunggal saat menggunakan jas hujan banyak dialami oleh pengguna jas hujan ponco (batman).

Itulah bebera hal yang harus diperhatikan saat mengendarai motor di musim hujan.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here