Kesehatan

Olahraga buat Membentuk Tubuh Atletis dalam Waktu Singkat Mengenal CrossFit

Istilah CrossFit pastinya sudah tidak asing bagi para penggiat olahraga kebugaran. Bagi seorang ingin memperoleh bentuk tubuh atletis dalam waktu yang singkat, metode CrossFit dinilai tepat. Meski demikian, bentuk latihan intensitas tinggi ini juga memiliki risiko yang harus diwaspadai, satu di antaranya yakni cedera.

CrossFit adalah program latihan yang menggabungkan dua unsur sistem aerobik dan anaerobik. Laman tersebut juga menjelaskan bahwa latihan ini merupakan metode terbaik dan paling berhasil jika ingin memperoleh bentuk tubuh atletis dalam waktu yang singkat. Tujuan dari olahraga crossfit adalah untuk meningkatkan kekuatan otot, ketahanan jantung, dan fleksibilitas tubuh.

Gerakan multi sendi dengan intensitas tinggi di CrossFit dapat membantu meningkatkan kekuatan otot dan stamina. Semakin berat latihan, dapat lebih banyak meningkatkan kekuatan otot. Pelatihan kekuatan intensitas tinggi (CrossFit’s high intensity power training) dapat membantu meningkatkan jumlah oksigen.

Jumlah oksigen maksimum didapat selama berolahraga. Namun masih diperlukan banyak penelitian untuk memahami, crossfit dapat meningkatkan kebugaran aerobik dibandingkan dengan bentuk olahraga lainnya. Latihan ini sering mencangkup hal fungsional.

Bisa disebut sebagai latihan yang meniru gerakan seseorang dalam kehidupan sehari hari. Gerakan fungsional meliputi squat, ayunan kettlebell, atau tekanan overhead dapat meningkatkan kelincahan, keseimbangan, dan fleksibilitas. Latihan crossfit dapat membantu membakar lebih banyak kalori jika dibanding dengan olahraga lainnya.

Rata rata 195 pound pria dan 165 pound pada wanita akan membakar 15 18 kalori per menit dan 13 15 kalori per menit. Kalori tersebut tidak hanya terbakar ketika melakukan crossfit, namun ketika periode pemulihan kalori akan tetap terbakar. Namun jika tujuan menurunkan berat badan, cobalah mengikuti sehat sehat.

Seperti yang telah dijelaskan, crossfit adalah bentuk latihan intensitas tinggi. Sebab itu, selain memberi manfaat, terdapat juga risiko yang harus selalu diwaspadai. Jenis latihan ini dianggap rentan cedera karena intensitasnya yang tinggi.

Beberapa cedera umum CrossFit : Nyeri punggung bawah. Rotator cuff tendinitis atau peradangan di dalam sendi bahu.

Cedera lutut. Achilles tendonitis atau iritasi dan peradangan tendon akibat aktivitas berlebihan. Tennis elbow atau peradangan pada sendi karena terlalu sering digunakan.

Ada beberapa hal penyebab cedera ketika menjalani latihan crossfit. Kesalahan umum bagi penggiat baru yakni tergoda untuk melakukan gerakan yang lebih keras dan cepat. Studi menunjukkan penggiat baru akan tentan cedera dalam enem bulan pertama pelatihan.

Sementara overtraining dapat menyebabkan peningkatan kemungkinan cedera olahraga, berolahraga terlalu sedikit juga dapat meningkatkan risiko cedera. Studi menunjukkan, orang yang mengambil bagian dalam latihan crossfit kurang dari tiga hari per minggu lebih mungkin untuk menderita cedera. Penggiat yang mempelajari langkah yang benar dari seorang pelatih cenderung terhindar cedera.

Jika memang baru mengenal crossfit, sebaiknya jangan sungkan meminta bantuan dari pelatih. Sindrom overtraining adalah suatu kondisi yang terjadi ketika Anda mendorong diri sendiri terlalu keras. Ini dapat menyebabkan penurunan nafsu makan, gangguan tidur, kelelahan yang terus menerus dan berbagai kondisi kesehatan lainnya.

Bahkan atlet yang sangat terlatih pun rentan terhadap sindrom overtraining. Karena itu, semua CrossFitter perlu mengetahui batasannya. Anda tidak boleh meningkatkan volume pelatihan Anda (tenaga, waktu, berat) lebih dari 10% setiap kali.

Aturan itu berlaku untuk semua program pengkondisian olahraga, bukan hanya CrossFit. Jika ingin melihat hasil dari program CrossFit tanpa menderita cedera olahraga, waktu pemulihan tubuh sangat penting. Untuk menghindari cedera, istirahatlah antara 24 hingga 72 jam, tergantung pada intensitas dan volume latihan Crossfit.

Untuk memulihkan tubuh ketika menjalani program crossfit dibutuhkan protein dan karbohidrat yang memadai. Selain itu, menjaga tubuh agar tetap terhidrasi juga penting.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here