Kesehatan

Mulai Remaja hingga Umur 60-an Tahun Simak Tips Ampuh Turunkan Berat Badan Berdasarkan Umur

Menjalani proses diet mungkin sedang Anda jalani saat ini. Namun tahukah Anda, bahwa keberhasilan proses diet sebenarnya dipengaruhi oleh faktor usia?? Yah benar, tidak ada tubuh manusia satu dengan yang lainnya memiliki kebutuhan sama.

Apalagi jika dihubungkan dengan menu diet yang sedang Anda hadapi. Padahal menu diet akan berhasil tidaknya ternyata dipengaruhi juga oleh usia Anda saat ini. Ada beberapa makanan yang harus Anda hindari dan ada juga makanan yang sangat diperlukan saat melakukan program diet.

Pada usia ini, tubuh Anda akan tumbuh dan berkembang, tentunya tubuh membutuhkan banyak nutrisi. Hal ini terjadi ketika Anda mulai melewatkan sarapan dan malah makan makanan yang sebagian besar terdiri dari junk food padahal sebenarnya hal ini salah. Jika Anda termasuk dalam golongan usia ini, biasakan sarapan setiap hari. Anda tidak harusberhenti mengemil namun hanya perlu untuk mengurangi porsinya saja. Sertakan kandungan kalsium, protein, dan makanan kaya zat besi dalam menu diet Anda.

Ketika Anda berusia 20 an, saatnya untuk membuat makanan sehat. Ganti keripik kentang dengan menu potongan ubi jalar, cokelat susu diganti cokelathitam, yogurt sebagai pengganti es krim serta konsumsi atam yang dimasak dengan rotisserie. Selain itu, masukan makanan yang kaya lemak omega 3 dan asam folat dalam menu diet Anda seperti sayuran hijau, roti, pasta, kacang kenari, salmon. Untuk mendukung program diet Anda di usia ini, sertakan makanan yang membentuk otot, dan memperkuat tulang. Menu makanan yang kaya protein seperti telur, biji bijian, kacang kacangan, produk kedelai, dada ayam sebaiknya menjadi menu wajib.

Susu dan yogurt sangat penting untuk memperkuat tulang tetapi jika diperlukan, pertimbangkan juga untuk konsumsi suplemen kalsium dan protein. Pada umur ini, Anda perlu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan metabolisme. Menu makanan seperti brokoli, biji bijian utuh, dan kentang akan mudah memberi Anda manfaat saat melakukan program diet.

Hindari makanan junk food sebisa mungkin, atau ganti menu junk food vegetarian. Makanan lain yang bisa Anda konsumsi adalah sandwich buatan sendiri di rumah, produk susu tanpa lemak, dan perbanyak buah dan sayur. Jangan lupa sertakan masukan zat protein di dalamnya. Dengan bertambahnya usia ini, tingkat metabolisme tubuh akan menurun, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna oleh tubuh.

Anda harus menyertakan susu almond dan sereal yang bebas dari gula, Anda bisa menambahkan madu di dalamnya. Untuk mengurangi tanda tanda penuaan dini, makanlah alpukat, brokoli, blueberry, kacang, dan bayam. Ketika Anda berada di usia ini, pastikan untuk mengkonsumsi makanan dengan 5 porsi sayuran dan 2 porsi buah dalam menu diet setiap hari.

Konsumsi makanan yang kaya zat besi seperti baya, lentil, dan kacang kacangan. Kedelai dan sayuran hijau akann membantu Anda tetap bugar. Selain itu, kurangi asupan garam. Minumlah lebih banyak air dan hindari makanan junk food serta makanan manis. Apakah Anda mengikuti rencana diet yang tepat sesuai dengan usia Anda?

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here