Lifestyle

Mohon agar Hujan yang Turun Tak Bawa Petaka Bacaan Doa saat Banjir Bandang Terjadi

Air mulai rendam sejumlah wilayah Jakarta dan sekitarnya pada awal Tahun Baru 2020, berikut doa saat banjir bandang! Hujan deras mengguyur daerah Jakarta dan sekitarnya sejak hari Selasa (31/12/2019) kemarin. Akibatnya, sejumlah wilayah pun terendam banjir.

Mulai dari Jakarta Barat, Selatan, Pusat, hingga Timur terendam air dengan tinggi rata rata 30 40 sentimeter. Bahkan, banjir juga turut melanda wilayah Bekasi. Selain melakukan tindakan penanggulangan agar air surut, ada baiknya juga jika masyarakat membaca doa saat banjir bandang datang.

Bacaan doaketikabanjirbandangatauhujanderasini adalah permohonanan kepada Allah SWT agar hujan yang turun ke bumi tidak membawa petaka atau segera berhenti. Bacaan doa ketika banjir atauhujanderasyang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW, sebagai berikut: اَللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا، اَللَّهُمَّ عَلَى اْلآكَامِ وَالظِّرَابِ، وَبُطُوْنِ اْلأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

(Allahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa. Allahumma ‘alal aakaami wadz dzirabi wa buthuunil awdiyati wa manabitis syajari) “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, jangan yang merusak kami. Ya, Allah! turunkanlah hujan di dataran tinggi, di bukit bukit, di perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.” Dikutip dari laman muslim.or.id , bacaan doa tersebut di atas disebutkan dalam hadist Anas bin Makik.

Disebutkan, ketika hujan tak kunjung berhenti dalam sepekan, Nabi Muhammad SAW memohon kepada Allah SWT agar cuaca kembali cerah. Kemudian Nabi Muhammad SAW membaca doa tersebut di atas. Atau untuk ringkasnya membaca:

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا، وَلاَ عَلَيْنَ ا “Allahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa” [Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, jangan yang merusak kami] Mengutip dari Kompas.com, banjir setinggi 30 40 sentimeter merendam Komplek BPPT, Jakarta Barat.

Banyak warga yang rumahnya kemasukan air. Ini air sudah masuk rumah, tingginya semata kaki. Ini sudah lama sekali tidak kebanjiran," kata Bagus yang beralamat di Jalan Teknologi 10, Komplek BPPT, Jakarta Barat, Rabu (1/1/2020). Hingga pukul 06.30 WIB, hujan deras pun masih mengguyur di kawasan Kembangan.

Sementara itu, sejumlah daerah di Jakarta Selatan juga turut terendam air. Mengutip dari laman @TMCPoldaMetro, pada pukul 05.49 WIB di daerah Pesanggerahan, di depan Kantor Lurah Kalibata, terpantau tergenang banjir setinggi 80 sentimeter 100 sentimeter. Kemudian pukul 05.44 WIB dan di depan Gedung KPKJI Rasuna Said juga tergenang air setinggi 20 sentimeter 40 sentimeter.

Banjir juga terjadi di kasawan kelapa Molek, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara dengan genangan air setinggi 30 sentimeter 60 sentimeter. Di depan Astra Jalan Yos Sudarso Jakarta Utara juga terjadi banjir dengan tinggi 20 sentimeter. Di TL Perintis Kelapa Gading, Jakarta Utara banjir setinggi 30 sentimeter 40 sentimeter yang membuat kawasan tersebut tak bisa dilintasi kendaraan.

Untuk wilayah Jakarta Pusat, TMC Polda Metro Jaya mencatat, banjir di Jalan Bangau 6, Gunung Sahari sudah mulai memasuki rumah. Kemudian, banjir setinggi 30 sentimeter 40 sentimeter terjadi di depan Polsek Johar Baru Jalan Tanah Tinggi Barat. Wilayah Jakarta Timur juga terpantau dilanda banjir pada Rabu pagi.

TMC Polda Metro Jaya mencatat, banjir terjadi di RW 07 Kelurahan Makasar dan di Pasar Induk Kramatjati. Selain itu, banjir setinggi 50 sentimeter 60 sentimeter terjadi di kilometer 3.800 Tol Jatinegara. Kondisi ini membuat seluruh kendaraan yang berasal dari Tol Priok menuju Cawang dikeluarkan di Exit Tol Rawamangun.

Bukan hanya Jakarta, daerah bekasi juga terendam banjir pada Rabu pagi. TMC Polda Metro Jaya mencatat, banjir terjadi di Perumahan Pondok Melati, Pondok Gede, Bekasi dan sudah memasuki rumah. Kemudian, banjir terjadi di wilayah Rawa Panjang, Bekasi Timur dan sudah memasuki rumah.

Berikut deretan foto dan video banjir Jakarta dan sekitarnya. #1 #2

#3 #4 #5

#6 #7 #8

#9

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here