Kesehatan

Mau Sehat? Tidurlah Menghadap ke Kiri, Ini 5 Manfaatnya

Satu di antara penunjang tidur yang nyenyak ternyata terkait dengan posisi tidur. Nah, pertanyaannya, apakah posisi tidurmu sudah benar? Sebuah studi yang terbit di Journal of Clinical Gastroenterology memberi penegasan tentang ke arah mana kita harus menghadap saat tidur.

Menurut studi tersebut, ditegaskan, tidur menghadap ke kiri adalah sebaik baiknya posisi tidur, bukan ke kanan. Berikut daftar manfaat tidur menghadap ke kiri. Tidur menghadap ke sisi kiri memudahkan tubuh memompa darah ke sekitarnya.

Ini karena arteri ada di sebelah kiri. Ketika kita tidur di sisi kanan, darah harus memompa ke atas terlebih dahulu. Namun, jika Anda tidur di sisi kiri, arteri akan sedikit membantu di sepanjang jalan.

Ketika kita tidur di sisi kanan kita, lebih mudah untuk asam lambung keluar ke kerongkongan, yang menyebabkan sakit maag. Jadi jika kamu mengalami masalah pencernaan, penting, kamu tidur di sisi kiri sehingga asam lambungmu tidak cepat habis. Tidur di sisi kiri kita juga lebih baik untuk sistem pengeringan limfoid, studi juga menunjukkan.

Sistem pengeringan limfoid mengangkut nutrisi penting, serta membersihkan tubuh melalui menyingkirkan hal hal yang tidak diperlukan. Baik Lambung maupun Pangkreas semuanya berada di sisi kiri tubuh, hal ini berpengaruh ketika kamu tidur menghadap ke kanan. Karena itu, tubuh harus bekerja lebih keras jika kita tidur di sisi kanan kita, untuk itu disarankan tidur menghadap ke kiri.

Limpa juga ada di sisi kiri tubuh. Pekerjaan limpa adalah membersihkan darah kita. Produk limbah diangkut melalui sistem limfoid ke limpa, Tidur di sisi kiri membantu kerja limpa lebih efektif. (Intisari.grid.id/Afif Khoirul M)

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here