Metropolitan

Kritik Anies Baswedan Sudah 7 Kali ke Luar Negeri, Ruhut Sitompul : Urus Saja Lah Jakarta

Ruhut Sitompul mengomentari beberapa perbincangan soal Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sedang ramai belakangan ini. Di antaranya yakni soal instalasi bambu Getih Getah, reklamasi hingga kunjungan Anies Baswedan ke luar negeri. Hal itu disampaikan oleh Ruhut Sitompul di kanal Youtube miliknya, Ruhut P Sitompul, Sabtu (27/7/2019).

Ia pun tampak mengunjungi lokasi yang dulunya terdapat instalasi bambu Getih Getah di Tugu Tani. Ia pun tampak mengomentari dana besar yang dipakai untuk membuat instalasi tersebut dan alasan Anies Baswedan memilih bambu. Menurutnya, uang Rp 550 juta itu besar dan bisa digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat.

"Kita hormati seniman bambu, tapi apa yang terjadi? Dia ringan saja, Rp 550 juta, kebayang itu kalau beli combro udah tenggelam Jakarta," katanya. Meski begitu, kata dia, sulit untuk memojokkan Anies Baswedan, sebab pandai memainkan kata kata. "Anies ini memang susah dipojokkan, jadi ingat film Kungfu Panda, kalau Anies kungfu lidah, dia katakan kalau beli dari besi nanti musti diimpor dari Tiongkok, apa maksud kau Nis?," tanya Ruhut Sitompul.

Ia pun mengungkap bahwa di Indonesia juga banyak daerah penghasil biji besi. "Bicara besi, bahannya biji biji besi, di Indonesia banyak Nies, ada di Cilacap, Cilegon, kalau kau masih nggak tahu cari saja di atlas," katanya sambil tertawa. Ia pun meminta Anies Baswedan berhenti menyebut pribumi dan non pribumi.

"kau kayaknya seperti gimana dengan Tiongkok tapi kau lupa, contohnya nih bawang dari Tiongkok, bus listrik pun kau pesan dari Tiongkok," jelasnya. "Aku ini pening, kau gubernur atau menlu? yang lebih ngeri lagi kau ngomong Formula E, kau emangnya CEO olahraga?," tambahnya. Ruhut Sitompul kemudian membahas soal kunjungan kerja Anies Baswedan ke luar negeri.

Mneurutnya, dalam satu tahun ini saja Anies Baswedan tercatat sudah empat kali ke luar negeri. "Selama kau menjabat, tahun ini saja kau sudah empat kali (ke luar negeri) dari pertama kali kau menjabat sudah tujuh kali kau ke luar negeri," katanya. Menurut Ruhut Sitompul, seharusnya Anies Baswedan fokus saja di Jakarta dan tidak perlu banyak pergi ke luar negeri.

"Jangan gitulah, alasan kau biar investro masuk, pariwisata meningkat, ingat kita punya duta besar yang mewakili Indonesia di sana, gak usah kau, di Jakarta aja lah kau mengurus Jakarta ini," bebernya. Ia pun mewawancarai sejumlah warga yang ada di sekitar Tugu Tani. Beberapa warga mengatakan kalau mereka belum merasakan manfaat dari kunjungan Anies Baswedan ke luar negeri tersebut.

"Untuk lebih bagusnya sih, karena dia belum ada wakil maka stay lah di Jakarta, untuk ngurus, tapi kalau dia emang ada wakilnya gak apa apa," kata seorang warga. Ia pun menyebut belum ada dampak yang dirasakan warga dari kunjungan tersebut. "Belum, sama sekali belum," ujarnya. (*)

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here