Lifestyle

Kriteria Utama saat Beli Sepeda Anak yang Tahan Lama

Kriteria Utama saat Beli Sepeda Anak yang Tahan Lama

Sepeda merupakan salah satu benda yang akan diinginkan oleh anak-anak. Apa lagi jika sudah melihat ada teman-temannya yang menggunakan sepeda. Anda bisa menerapkan untuk melihat kriteria utama saat membeli sepeda anak agar mendapatkan sepeda yang tahan lama.

Velg

Lihat dari bagian velgnya usahakan untuk memilih sepeda yang terbuat dari bahan campuran aluminium dan logam. Bahan ini mudah dicengkram oleh rem saat berada di jalan yang basah. Velg dari bahan aluminium bobotnya ringan sehingga mudah untuk anak mengendarainya ataupun belajar bersepeda. Kelebihan lainnya dari bahan logam sangat aman di jalan saat hujan.

Penting juga bagi Anda untuk memilih velg yang tingginya sesuai dengan anak. Jika masih berusia 2 sampai 4 tahun maka tingginya cukup yang 12 inci atau 30cm. Berbeda lagi jika usianya sudah 4 sampai 7 tahun maka yang digunakan 16 inci atau 40cm. Ada pun untuk anak yang usia 5 sampai 8 tahun sebaiknya memilih tinggi velg 18 inci atau 45cm.

Pelindung Rantai

Kriteria selanjutnya dengan melihat bagian pelindung rantai karena bagian ini penting agar tidak berisiko celana atau kaki anak tergores. Pelindung rantai juga penting agar tidak membuat anak terkena kotoran yang tersangkut di sepeda selama menggunakannya.

Jika Anda memilih sepeda tanpa pelindung rantai maka siap-siap kaki anak berpeluang terkena luka gesekan. Selain itu jika anak baru belajar naik sepeda akan aman untuknya mencoba menyesuaikan posisi kaki agar sepeda bisa berjalan dengan baik.

Rangka

Kriteria selanjutnya yang penting diperhatikan saat membeli sepeda anak adalah rangka sepeda. Anda harus mempertimbangkan bobot dari rangkanya usahakan untuk memilih bahan logam. Bahan ini kukuh dengan desain lurus dari bagian depan sampai ke belakang. Anda harus melihat tingkat kelurusannya dengan teliti.

Cara melihatnya dimulai dari arah ban depan berada di posisi lurus ke belakang. Selain itu bisa dengan cara memperhatikan jarak sadel ke dasar pedal sepeda yang ada pada saat kayuhan ke bawah. Serta sudut yang dilihat saat anak mencondongkan tubuh memegang stang sepeda.

Rem

Selanjutnya Anda harus memilih sepeda yang memiliki rem. Terutama pada sepeda anak yang sudah berusia 4 tahun ke atas. Anda harus mengecek dengan teliti rem sepeda berfungsi secara baik. Caranya dengan memutar ban sepeda bagian depan kemudian menekan rem, nanti akan terlihat rem berfungsi dengan baik atau tidak. Rem yang berkualitas tidak akan berisik.

Ketinggian Sadel

Penting sekali saat membeli sepeda Anda memperhatikan tinggi sadel yang dimiliki sepeda. Caranya bisa dengan membawa anak saat pembelian lalu memintanya duduk di atas sadel. Anda bisa langsung melihat anak bisa meraih stang dengan mudah dan posisi kaki tetap menyentuh lantai. Jika tidak maka pilihlah sepeda yang bisa membuat anak nyaman.

Tempat Duduk

Anak memiliki bagian tulang yang masih harus Anda perhatikan karena dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Penting sekali saat membeli sepeda untuknya Anda memperhatikan ketebalan tempat duduk atau seberapa empuknya. Ini penting agar anak mendapatkan kenyamanan selama bermain sepeda.

Anda bisa secara perlahan memperhatikan kriteria ini dimiliki atau tidak pada sepeda anak yang akan dibeli. Jangan mengabaikan satu kriteria pun demi mendapatkan sepeda terbaik. Bukan soal harga tapi sesuaikan dengan kebutuhan atau kondisi tubuh serta usia anak. Bantu juga untuk memberikan sepeda kepada anak dengan warna yang sesuai dengan jenis kelaminnya.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here