Techno

Kominfo Rampungkan Proyek Infrastruktur Telekomunikasi Palapa Ring Timur Kaleidioskop 2019

Pada 24 September 2019, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memastikan proyek Palapa Ring Timur telah rampung. Proyek Palapa Ring Timur mulai operasional sejak 29 Agustus 2019 dan juga telah melewati periode uji coba operasional dan komersial. Palapa Ring Timur ini mengintergrasikan jaringan yang sudah ada, dengan jaringan baru pada wilayah timur Indonesia.

Palapa Ring Timur menjangkau 51 kabupaten dan kota yang melalui 4 provinsi, yaitu Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, Papua, dan Papua Barat. yang terdiri dari layanan di 35 kota dan kabupaten, dan interkoneksi di 16 kabupaten dan kota. "Proyek ini Sudah selesai 100 persen. Kalau meresmikan tinggal tunggu momentum saja, sudah bisa dipakai," kata Rudiantara di acara IDBYTE Esport 2019, di ICE BSD, Tangerang, Jumat (13/9/2019). Menurut Rudiantara, pihaknya sudah melakukan uji coba jaringan internet cepat Palapa Ring Timur. Uji coba ini dilakukan melalui percobaan panggilan video dari Nunukan, Kalimantan Utara ke Asmat, Papua.

Menteri Rudiantara menjelaskan, proyek Palapa Ring mampu meningkatkan sejumlah sektor potensial di wilayah Timur Indonesia. Salah satunya yakni industri game, yang peminatnya menurut Rudiantara semakin banyak di Tanah Air. Penyelesaian Proyek Palapa Ring Timur menandakan selesainnya Proyek Palapa Ring secara keseluruhan, menyusul Palapa Ring Barat dan Palapa Ring Tengah Dalam hal ini, Pemerintah membagi infrastruktur Palapa Ring di Indonesia menjadi paket Barat, Tengah, dan Timur berdasarkan letak geografis.

"Selesainya Palapa Ring ini, membuat semua orang bisa mendapatkan akses di manapun di seluruh Indonesia," ujar Rudiantara. Palapa Ring Barat, yang sudah selesai sejak Maret 2018, menjangkau Riau, Kepulauan Riau hingga Pulau Natuna sepanjang 1.730 kilometer di laut dan 545 kilometer di darat. Sedangkan, Palapa Ring Tengah meliputi Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara. Sedangkan Palapa Ring Timur menjangkau wilayah Nusa Tenggara, Maluku, Papua Barat dan pedalaman Papua.

Palapa Ring yang juga disebut Tol Langit oleh Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih Ma'ruf Amin dalam debat capres, kini sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, pada 14 Agustus 2019. Jaringan ini diharapkan akan menjadi tumpuan penyelenggara dan pengguna jasa telekomunikasi di Indonesia, yang terintegrasi dengan jaringan yang telah ada. Hal ini juga akan mengakselerasi pertumbuhan dan pemeratahan sosial ekonomi, melalui ketersediaan infrastruktur jaringan telekomunukasi.

"Sehingga dapat memberikan jaminan kulatias internet dan komunikasi yang berkualitas tinggi, aman dan murah," ucap Rudiantara.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here