Nasional

Ketua MPR Sebut Artidjo Hakim yang Lurus Artidjo Alkostar Masuk Dewan Pengawas KPK

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyomenanggapi masuknya nama mantan Hakim Mahkamah Agung (MA) Artidjo Alkostar sebagai satu di antara kandidat Dewan Pengawas KPK. Bambang Soesatyo setuju jikaArtidjo Alkostar dipilih menjadi Dewan Pengawas KPK. "Menurut saya perlu di support karena pilihan terbaik sudah dipikirkan matang matang termasuk dipilihnya satu nama yaitu Artidjo," ungkapnya.

Menurut eks Ketua DPR RI itu, Artidjo Alkostar adalah hakim yang lurus. "Semua sudah tahu, Artdijo adalah hakim yang lurus, bahkan juga nanti sebagai pengawas bersikap tegak lurus terhadap persoalan hukum yang ada di KPK terutama dalam hal pemberantasan korupsi," ujarnya dilansir melalui YouTube Kompas TV, Kamis (19/12/2019). Bambangini percaya dengan Presiden yang mempunyai hak untuk memilih Dewan Pengawas KPK secara langsung.

"Saya yakin dan percaya pilihan Presiden untuk Dewan Pengawas. Saya yakin itu adalah pilihan terbaik, yang bisa mem balance langkah langkah hukum yang dijalankan komisioner dan penyidik yang ada di KPK," imbuhnya. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membocorkan latar belakang dari 5Dewan Pengawas KPKyang akan diumumkan ketika pelantikan Komisioner KPK. "Ada dari jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana," ujarnya dilansir melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (18/12/2019).

Ia menambahkan hingga saat ini, nama namaDewan Pengawas KPKbelum final karena akan diambil lima nama. Jokowi meminta masyarakat menunggu pengumuman selanjutnya. "Nama nama sudah masuk, tapi belum kami finalkan karena hanya diambil lima."

"Namanya nanti ditunggu. Yang jelas nama namanya yang baik," ungkapnya ketika berdialog dengan wartawan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12/2019). Dikutip dari , lima orang anggota Dewas KPK rencananya dilantik bersama dengan lima orang komisioner KPK 2019 2023 pada 20 Desember 2019. "Ada hakim Albertine Ho, itu tapi belum diputuskan loh ya, Pak Artidjo, saya ingat tapi lupa, dan belum diputuskan," kata Jokowi sambil menambahkan nama Ketua KPK jilid 1 Taufiequerachman Ruki yang juga diusulkan sebagai calon anggota Dewan Pengawas.

SelainBambang Soesatyo,Ketua KPK Agus Rahardjo jugamenyebut,Artidjo Alkostar layak jadi Dewan Pengawas KPK. Berdasarkan penilaian Agus, Artidjo Alkostar dikenal sangat apik dalam memutus perkara korupsi. "Ya baguslah kalau memang Pak Artidjo, kita kenal sangat bagus kan," ujar Agus usai menghadiri kegiatan di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Rabu (18/12/2019).

Artidjo dikenal sebagai 'musuh' para koruptor selama 18 tahun berkarya di MA. Putusan Artidjo yang kerap menjatuhi koruptor dengan hukuman lebih berat daripada hakim di tingkat pertama dan banding tidak hanya menjerakan koruptor, tetapi juga membela rasa keadilan publik.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here