Otomotif

Ketahui Mana Komponen Motor yang Dilumasi Gemuk dan Dilumasi Oli

Jangan disamakan, adakomponenyang harus dilumasi dengangemukataugrease, ada juga yang diberi pelumasoli. Beberapakomponenmotor harus diberi pelumas secara berkala. Agarkomponen komponentersebut bisa bekerja maksimal dan menghindari kerusakan. Komponenbiasanya dibedakan pelumasnya, antaraolidangreaseataugemuk.

Jangan sampai komponen yang harusnya diberi oli justru malah diberi gemuk atau sebaliknya. "Karena fungsinya ada masing masing meskipun sama sama pelumas," bilang Ricard Riesmala owner A2 Speed di kawasan Joglo, Jakarta Barat. "Bagian yang biasa dilumasi oli itu biasanya kabel gas, kabel kopling, rantai dan per standar samping," bilangnya.

"Karena oli itu sifatnya tidak mudah mengering dan tidak bikin kotoran menempel," tambah Ricard. Sementara untukgreaseataugemukbiasanya dipakai di area yang tertutup. "Sifat darigemukini kental dan lengket dan bisa membuat kotoran menempel, makanya digunakan di area yang tertutup saja," bilangnya lagi.

"Misal bearing komstir, laher as roda, as roda atau di laher swing arm," lanjutnya Nah jangan sampai tertukar lagi ya!

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here