Pendidikan

Kemendikbud Umumkan Ada Kenaikan Hasil UNBK SMP 2019, Cek di puspendik.kemdikbud.go.id/hasilun

Kemendikbud telah menyerahkan hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kepada 34 Pemda pada Jumat (24/5/2019). Sebanyak 83 persen SMP di Indonesia melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kemendikbud mengumumkan capaian hasil UN secara nasional.

Mengutip dari Instagram @kemdikbud.ri , capaian hasil UN secara nasional dapat diakses di laman Masih dari sumber yang sama, pengumuman hasil UNBK SMP 2019 mulai tanggal 27 Mei 2019. Sementara itu, untuk pengumuman hasil UN per siswa (per mapel) tidak diumumkan oleh Kemendikbud.

Hasil UN masing masing siswa akan diumumkan oleh satuan pendidikan atau sekolah. Melalui Insta Story akun Instagram @kemdikbud.ri, nilau UN siswa akan diumumkan oleh satuan pendidikan atau sekolah masing masing. Pengumuman hasil UNBK SMP/MTs

Metode yang dilakukan untuk mengumumkan hasil UNBK SMP/MTs yakni dengan metode online, tatap muka, maupun sesuai dengan kebijakan sekolah. Kemendikbud tidak mengumumkan nilai UN per siswa baik dengan metode apapun. Sementara untuk kenaikan nilai UNBK, semua sekolah baik SMP/MTs negeri maupun swasta mengalami hal tersebut.

“Terjadi kenaikan prestasi anak anak, terlihat dari yang (tahun lalu) UNBK ke (tahun ini) UNBK terjadi kenaikan di semua jenis sekolah, SMP, MTs, negeri maupun swasta,” ujar Kepala Badan Penelilian dan Pengembangan (Balitbang) Totok Suprayitno dikutip dari laman resmi kemdikbud.go.id. Sementara untuk paket B, kenaikan terjadi di mata pelajaran Matematika dan Sains. Kenaikan tersebut berdasarkan sekolah yang telah mengikuti dua tahun berturut turut.

Hal ini didasarkan lantaran sekolah yang telah menyelenggarakan UNBK dianggap memiliki integritas 100 persen. Lebih lanjut, Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbud, Muchlis Rantoni Luddin menyebut, masih ada kecurangan dalam pelaksanaan UNBK di tingkat SMP/Mts tahun ini. Berdasarkan hasil verifikasi, sebanyak 55 anak melakukan pelanggaran.

Mereka yang melakukan kecurangan akan mendapat sanksi berupa nilai "0". Para siswa yang melakukan kecurangan tersebut masih diberikan kesempatan utnuk mengikuti ujian ulang pada 12 Juni 2019 di sekolah masing masing. Secara nasional penyelenggaraan UN SMP diikuti 4,28 juta siswa, di 56.505 satuan pendidikan.

Terdapat 11 provinsi yang menyelenggarakan UNBK dengan persentase di atas 85 persen. Provinsi tersebut adalah Aceh, Bangka Belitung, D.I. Yogyakarta, DKI Jakarta, Gorontalo, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Sumatera Selatan. UNBK SMP telah digelar pada Senin 22 April hingga kamis 25 April 2019.

Setiap hari, ada tiga sesi ujian yang digelar mulai dari sesi 1 hingga sesi 3. Sesi 1 dimulai pada pukul 07.30 09.30. Setiap hari, ada tiga sesi ujian yang digelar mulai dari sesi 1 hingga sesi 3.

Sesi 1 dimulai pada pukul 07.30 09.30. Sesi 2 dimulai pada pukul 10.30 12.30. Sementara sesi 3 dimulai pada pukul 14.00 16.00.

UNBK merupakan sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here