Internasional

Kedubes Rusia di Inggris Siap Temui Anak Korban Keracunan Amesbury

Kedutaan Besar Rusia di Inggris siap untuk bertemu dengan putra Dawn Sturgess, seorang perempuan Inggris yang tewas pada Juli lalu setelah diduga diracun menggunakan agen saraf tingkat militer di kota Amesbury. Pertemuan akan dilakukan untuk memberikan penjelasan mengenai posisi resmi Rusia pada kasus ini. Pernyataan tersebut disampaikan biro pers kedutaan pada hari Minggu kemarin.

Dikutip dari laman Sputnik News, Senin (4/3/2019), pihak kedutaan pun menyampaikan rasa simpati mendalam terhadap Ewan Hope dan akan melakukan penyelidikan penuh terkait kematian ibunya. Dalam pernyataan resmi itu, pihak kedutaan Rusia juga melempar kesalahan kepada pemerintah Inggris karena dianggap gagal memberikan bukti. Kedutaan Rusia juga menuding Inggris menyangkal banyak kebocoran terkait insiden lainnya yang terjadi di Salisbury, dimana mantan agen ganda Rusia Sergei Skripal diracun pada Maret 2018 lalu.

Sebelumnya pada hari Minggu, Ewan Hope mengatakan kepada surat kabar Sunday Mirror bahwa ia merasa 'dikhianati' oleh pemerintah Inggris. Menurutnya, pemerintah Inggris gagal memberikan bantuan apapun setelah tragedi itu. Laki laki berusia 20 tahun tersebut juga menyampaikan bahwa dirinya telah mengirim surat kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dalam surat itu, Hope meminta agar Putin mengizinkan Kepolisian Inggris untuk menginterogasi kedua pria asal Rusia yang diduga terlibat dalam insiden tersebut. Mengacu pada insiden sebelumnya yang terjadi di Salisbury, Skripal dan putrinya, Yulia dilaporkan tidak sadarkan diri di sebuah bangku yang terletak di sebuah pusat perbelanjaan di kota itu pada Maret lalu. Inggris pun menuduh Rusia telah mengatur serangan, dengan apa yang diklaim para Ahli Inggris sebagai agen saraf A234.

Mendapatkan tudingan seperti itu, Rusia langsung membantah dan berulang kali melempar kesalahan kepada Inggris yang dianggap kekurangan bukti dalam mengunkap kasus tersebut. Lalu terkait kasus keracunan di Amesbury, Dawn dan kekasihnya, Charlie Rowley jatuh sakit secara tiba tiba di rumah mereka di wilayah itu beberapa bulan setelah Skripal dan putrinya dilaporkan ditemukan pingsan di bangku taman Salisbury. Rowley kini kondisinya memang telah pulih, namun Dawn tewas setelah sepekan mendapatkan alat bantuan hidup di rumah sakit.

Keduanya diyakini telah menyentuh benda yang terkontaminasi dengan zat yang sama, yang juga digunakan untuk meracuni Skripal.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here