var id = "35484dc984948dab40f4149110c1fec7ae80737d";
Kesehatan

Jangan Sepelekan! Bentuk dan Warna Kuku Ternyata Bisa Mendeteksi Berbagai Masalah Kesehatan

Jika Anda melihat kuku Anda, Anda akan melihat area yang terang di pangkalan. Itulah yang disebut lunula. Lunula merupakan tanda setengah lingkaran berwarna putih pada kuku yang sangat sensitif.

Perubahan warna, bentuk, dan ukurannya ternyata dapat mendeteksi suatu penyakit yang menimpa seseorang. Perhatikan kuku Anda dan lihat apakah ada lunula di pangkal kuku? Lunula pada jari kelingking biasanya hampir tidak terlihat atau sama sekali tidak ada.

Ini terhubung dengan kerja ginjal, usus kecil, dan jantung. Peningkatan lunula dapat disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi. Jari manis bertanggung jawab atas kerja sistem reproduksi dan limfatik.

Lunula yang nyaris tak terlihat bisa mengisyaratkan masalah pencernaan. Jari tengah terhubung dengan kerja otak dan sistem kardiovaskular. Tidak adanya lunula dapat mengindikasikan masalah vaskular dan tekanan darah tinggi.

Dapat menghilang atau menjadi jauh lebih kecil karena fungsi yang tidak tepat pada usus atau pankreas. Lunula pada ibu jari mencerminkan kerja paru paru dan limpa. Itu yang paling terlihat dari semuanya.

Ini bisa menjadi lebih kecil secara signifikan pada perokok atau lebih besar ketika Anda memiliki hipertensi arteri. Lunula dianggap besar ketika menempati sepertiga atau lebih kuku. Jika demikian, menunjukkan masalah dengan sistem kardiovaskular, gangguan detak jantung, dan tekanan darah rendah.

Lunula besar dapat sering ditemukan pada atlet dan orang orang yang pekerjaannya berhubungan dengan aktivitas fisik. Jika seseorang tidak sering berolahraga tapi lunula membesar bisa berarti karena tingkat stres yang tinggi. Lunula kecil, yang hampir tidak bisa dilihat di belakang kutikula, menunjukkan tekanan darah rendah dan gangguan sirkulasi.

Ini bisa menjadi tanda sistem kekebalan tubuh yang lemah, metabolisme yang buruk, atau kekurangan zat besi dan B12. Jika lunula terlihat terpisah dari sisa lempeng kuku dengan garis melintang, ini menunjukkan masalah dengan kadar gula darah dan kemungkinan perkembangan diabetes. Jangan panik jika Anda tidak menemukan lunula pada kuku Anda.

Pada beberapa orang, mereka tidak muncul sama sekali karena kekhasan fisiologis struktur kuku. Namun, lunula yang hilang secara tiba tiba dirasakan oleh kedokteran modern sebagai salah satu gejala gangguan peredaran darah. Studi ini menunjukkan bahwa tidak adanya lunula dihubungkan dengan gangguan kelenjar tiroid dan kekurangan vitamin B12 dan zat besi.

Lunula abu abu menunjukkan kelelahan parah, gangguan pencernaan, dan kemungkinan kesulitan dalam penyerapan nutrisi. Lunula putih sehat dan alami. Lunula ungu adalah pertanda sirkulasi darah yang buruk dan kekurangan oksigen di organ dan jaringan. Pusing dan sakit kepala mungkin sering terjadi.

Lunula merah muda (merah) dapat mengindikasikan aktivitas fisik dan masalah paru yang rendah. Lunula hitam adalah tanda yang tidak biasa dan sangat berbahaya. Sebagai aturan, ini adalah gejala keracunan logam berat.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here