Bisnis

Jangan Salah! Banyak Manfaat Kartu Kredit Untuk Anda Ketahui

Jangan Salah! Banyak Manfaat Kartu Kredit Untuk Anda Ketahui

Kartu kredit adalah alat pembayaran sebagai pengganti uang tunai dalam bentuk kartu yang dikeluarkan oleh bank untuk memudahkan pelanggan bertransaksi. Tidak seperti kartu debit, kartu ini seperti meminjamkan uang kepada konsumen dan tidak mengambil uang dari rekening. Di bank-bank di Indonesia, kartu ini dibuat untuk kenyamanan dan cara kerjanya dikelola oleh Bank Indonesia (BI). Saat ini ada berbagai jenis perusahaan jasa keuangan yang mengeluarkan kartu kredit di dunia, termasuk Indonesia, yaitu VISA, Master Card dan American Express.

Pada zaman sekarang ini memiliki dan aktif sebagai pengguna kartu kredit adalah hal yang wajar dan sudah biasa dilakukan oleh banyak orang. Kartu ini telah menjadi persyaratan wajib dan gaya hidup yang diadopsi oleh orang-orang yang selalu mengutamakan kenyamanan dan kemudahan dalam hidup mereka.

Lalu bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga pengguna dan penikmat semua layanan kenyamanan ini? Jika demikian, maka ada baiknya mengetahui dengan jelas fitur dan fasilitas apa saja yang bisa Anda gunakan. Beberapa poin di bawah ini adalah manfaat kartu kredit yang harus Anda ketahui seperti dilansir dari www.cermati.com, Kamis (21/1/2016):

Fasilitas Transfer Saldo

Ini adalah fasilitas yang ditawarkan oleh bank-bank tertentu dan harus dipertimbangkan, terutama bagi mereka yang memiliki sejumlah tagihan pada kartu kredit lama. Penggunaan fitur ini dilakukan dengan memindahkan tagihan dari kartu yang lama ke kartu yang baru (sekitar 80 persen dari total tagihan) dan kemudian tagihan akan dilunasi dengan kartu kredit baru Anda. Ini biasanya dilakukan karena pertimbangan bunga yang lebih kecil atau fasilitas cicilan yang lebih menguntungkan.

Fasilitas Penarikan Uang Tunai

Fasilitas ini juga disediakan oleh semua kartu kredit, tetapi ada sejumlah kartu kredit yang memberikan persentase penarikan tunai yang cukup besar bagi pelanggan mereka. Namun, Anda harus hati-hati jika ingin melakukan penarikan tunai melalui kartu kredit Anda karena setiap transaksi penarikan tunai akan dikenakan biaya dan menambah bunga harian yang dihitung dari saat transaksi penarikan tunai Anda.

Fasilitas Cicilan 0%

Ini juga merupakan fasilitas yang sangat menguntungkan bagi pengguna kartu kredit. Bagaimana tidak, Anda akan diberikan kemudahan membayar tagihan Anda dengan mencicil tanpa bunga untuk jangka waktu tertentu, ini tentu saja sangat menyenangkan bukan? Tapi ada baiknya Anda selalu berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit, jangan sampai fitur yang meringankan beban Anda justru akan menjadi beban utang yang belum terbayar di masa depan.

Poin Hadiah

Secara umum, hadiah atau bonus yang diberikan oleh bank penerbit kartu kredit adalah dalam bentuk poin dan cashback yang akan diperoleh dari pembelian yang dilakukan menggunakan kartu kredit Anda. Fasilitas ini akan sangat bermanfaat bagi Anda karena dengan menggunakannya Anda dapat menyimpan dan mengumpulkan uang kembali yang Anda dapatkan setiap kali Anda berbelanja. Untuk poin yang Anda dapatkan, biasanya akan ditukar dengan berbagai barang menarik yang ditawarkan melalui katalog bulanan yang dikirimkan bersama tagihan Anda.

Transaksi dalam Mata Uang Asing

Fitur ini akan memudahkan Anda untuk melakukan transaksi keuangan / pembelian dalam mata uang asing, terutama bagi mereka yang suka bepergian ke luar negeri maupun belanja online di marketplace luar negeri seperti ebay, aliexpress, dll. Bagi Anda pemegang kartu kredit yang memiliki fitur transaksi mata uang asing ini, Anda akan diberikan kemudahan belanja menggunakan nilai tukar mata uang asing karena dalam tagihan transaksi akan ditagih dalam rupiah.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here