Lifestyle

Ini Tips Menyelamatkan Hewan Peliharan dari Ancaman Banjir Wilayah DKI Jakarta Tergenang

Hujan deras yang tak kunjung berhenti sejak Selasa (31/12/2019) membuat sejumlah wilayah di DKI Jakarta banjir Rabu, (1/1/2020). Banjir terjadi hampir merata di wilayah ibu kota. Ini membuat warga yang tergenang banjir terpaksa mengungsi ke tempat yang sudah disedikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Selain membuat manusia menjadikan korban, hewan peliharan juga merasakan hal yang sama. Penanganan hewan rumahan memiliki perlakukankhusus, terlebih dalam kondisi bencana seperti itu. Anggota KomunitasDog Lovers Solo,Rafael Alfa membagikan tips menyelamatkan hewan peliharan dari ancaman banjir, berikut ulasan lengkapnya:

Alfa mengatakan tahapan terpentingadalah menyelamatkan hewan peliharaan ke tepat yang lebih aman. Bisa di tempat pengungsian ataupun lantai dua rumah yang tidak tergenang air. Selanjutnya memandikan hewan peliharaan dengan air bersih. Tahapan ini berfungsi membersihkan tubuh hewan peliharaan dari kotoran kotoran yang terbawa banjir.

"Lalu kita keringkan dengan handuk atau kain," kataAlfa saat dihubungi lewat sambungan telepon, Rabu (1/1/2020). Jika keterbatasan air bersih, yang terpenting menurutAlfa membersihkan hewan peliharaan dan menjaganya tetap kering. MenurutAlfa kondisi hewan peliharan seperti anjing dan kucing yang dibiarkan basah terus menerus bisa mengundang penyakit kulit seperti jamur di tubuh mereka.

"Seperti manusia bisa gatal gatal akibat air banjir yang kotor," lanjutnya. Selain itu, membiarkan tubuh hewan peliharan dalam kondisi basah dapat menyebakan bau yang tidak sedap. Terlebih anjing dan kucing yang memiliki bulu lebat.

Setelah hewan peliharaan ditempatkan di lokasi yang kering bebas genangan, langkah selanjutnya menyediakan makanan. Alfa menjelaskan di dalam kondisi yang mendesak hewan peliharan diperbolehkan untuk diberikan makanan manusia. "Terpaksa kita nasi, masih boleh karena itu memang urgent," tegasnya.

Alfa menambahkan dengan naluri yang dimiliki hewan peliharan, mereka mampu memaklumi kondisi yang sedang terbatas tersebut. "Mereka pasti mengerti dan pasi mereka makan seadanya. Pengalaman saya seperti itu," kata pria kelahiran1989 ini. Jika hewan peliharaan ditempatkan di pengungsian bersama manusia, yang perlu diperhatikan adalah kebersihan.

Alfa mengatakan perawatan hewan peliharan selama dipengungsian sama seperti waktu di rumah. "Kotorannya harus dibersihkan segera. Supaya tidak menimbulkan penyakit yang bisa menyerang hewan peliharaan dan manusia," bebernya. Alfa melanjutkan, jika memungkinkan hewan peliharan dapat diungsikan ke tepat lain.

Seperti di rumah saudara maupun tempat penitipan hewan yang bebas dari ancaman banjir. "Bisa dititipkan ke orang terdekat hingga banjir surut," tutupAlfa. (*)

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here