Bisnis

Industri Kelapa Sawit Tidak Hanya Seputar Minyak Goreng & CPO

Selama ini kelapa sawit kerap diidentikkan dengan komoditas crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah, minyak goreng serta margarine. Padahal sebenarnya tidak. Lebih luas dari itu. Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Kanya Lakshmi mengakui selama ini masih banyak salah persepsi di masyarakat tentang industri kelapa sawit. Dia mengatakan, industri sawit kini justru sudah menjangkau dari hulu ke hilir.

”Ibaratnya dalam 24 jam, manusia itu tergantung dengan sawit dengan segala produk turunan dan olahannya. Sejak bangun pagi, orang orang sudah bersentuhan dengan produk dari kelapa sawit,” ujar Kanya, Selasa (19/5/2020). Dia menjelaskan, minyak kelapa sawit selama ini menjadi penyumbang untuk penyedian bahan baku pasta gigi, sabun mandi, produk kecantikan, kosmetik dan lain sebagainya. Atas dasar itulah, wanita lulusan S2 IPB ini berharap agar pandangan masyarakat terhadap industri kepala sawit di dalam negeri bisa berubah.

Tidak melulu seputar olahan CPO atau minyak goreng. Dia menjelaskan, turunan minyak sawit justru sudah menghasilkan berbagai bahan baku lanjutan untuk bidang bidang yang bersentuhan langsung dengan kehidupan manusia setiap harinya. “Produk turunan sawit kita sudah merambah ke bidang makanan, kecantikan, obat obatan atau nutrisi kesehatan, kebersihan, bahkan energi untuk bahan bakar sampai listrik,” ujar ibu dua anak tersebut.

Kanya juga menjelaskan, industri kelapa sawit mempunyai proses panjang dari hulu ke hilir, hasil pengolahan di berbagai prosesnya diolah lebih lanjut menjadi ribuan jenis bahan dan produk untuk kebutuhan manusia. “Contoh produk lain selain minyak goreng antara lain margarin, bahan campuran susu, es krim, beragam kue, dan masih banyak lagi. Jadi, jangan salah persepsi lagi,” kata dia.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here