Kesehatan

Eva Celia Jadi Vegetarian, Apa Manfaat Kesehatan yang Diperolehnya?

Eva Celia beberapa tahun belakangan memutuskan untuk menjadivegetarian. Saat ini, Eva Celia sudah tak lagi memakan masakanberbahandaging. Menurut buah hati dari Indra Lesmana dan Sophia Latjuba itu, ia membuat keputusan itu di antara 2016 hingga 2017. Eva Celia lalu membuka alasan di balik keputusannya. Baginya, hal tersebut ia lakukan untuk alasan kesehatan dan lingkungan.

Menurutnya, dengan mengetahui alasan untuk menjadi vegetarian, tekadnya menjadi kian bulat dan ia semakin mudah dalam menjalaninya. Alasan tersebut pula yang membuatnya tak tergoda untuk kembali makan daging dan olahan dari hewan. "Seperti masalah binatang itu ternyata sangat berdampak pada lingkungan. Jadi ketika saya pribadi tahu itu, apa yang harus saya lakukan, ternyata salah satunya itu biar lebih mudah," katanya.

Memang, menjadi seorang vegetarian artinya kita harus berhenti mengonsumsi daging dagingan dan hanya menyantap asupan makanan nabati saja. Bagi yang belum terbiasa, apalagi bagi orang yang gemar makan daging, menjalani pola hidup sehat tersebut mungkin tidaklah mudah. Asal tahu saja,menjadi seorang vegetarian dapat memberi banyak manfaat untuk kesehatan, seperti dilansir dari Halo Doc;

Hanya mengonsumsi sayur sayuran dan buah buahan saja akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Hal ini karena secara otomatiskita mengurangi asupan lemak dan kolesterol yang biasanya terdapat dalam daging. Sebagai gantinya, sayuran dan buah buahan segar yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin akan membuat tubuh sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Pola makan vegetarian juga bisa menjadi cara yang efektif untuk menjaga berat badan atau bahkan mengurangi berat badan bagi yang ingin diet. Kandungan antioksidan dan serat yang banyak ditemukan pada sayur sayuran dan buah dapat membantu pembakaran kalori dalam tubuh, sehingga berat badantetap terjaga. Bahkan menurut sebuah penelitian yang dilakukan selama 5 tahun, seorang vegetarian tercatat mengalami kenaikan berat badan yang sangat sedikit.

Salah satu cara untuk menyehatkan kulit dari dalam adalah dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah buahan. Hal ini disebabkan karena kandungan mineral dan antioksidan yang terdapat dalam kedua jenis makanan sehat tersebut dapat membantu melancarkan peredaran darah dan menjaga pigmen kulit. Lebih baik lagi bila menyantap sayur sayuran yang masih segar dan mentah seperti lalapan, agar dapat terhindar dari zat jahat yang disebutAdvanced Glycation Endproductsatau AGEs yang bisa muncul ketika makanan dimasak dengan suhu tinggi.

Menurut sebuah penelitian, zat tersebut dapat menyebabkan penuaan dini, keriput, dan bertambahnya lemak di perut. Kandungan antioksidan, mineral, dan vitamin yang terdapat dalam sayuran dan buah memang dapat memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.Salah satunya adalah mencegah berbagai jenis kanker. Penelitian yang dilakukan olehAmerican Institute for Cancer Researchmengungkapkan bahwa menjadi vegetarian dapat mengurangi risiko kanker perut, usus, pankreas, payudara, rahim, dan ovarium.

Penelitian yang dilakukan diBritish Journal of Health Psychologymenemukan bahwa asupan menu makanan sehat yang terdiri dari sayuran dan buah dapat memberikan lebih banyak energi, membuat perasaan lebih tenang dan bahagia, serta berdampak positif pada suasana hati. Buah dan sayur kaya akan serat yang dapat melancarkan pencernaan. Namun takhanya itu saja, mengonsumsi makanan sehat juga membuat kerja usus dan lambung jadi tidak terlalu berat dalam mengolah makanan. Dengan menjadi vegetarian, kita akan terhindari dari masalah pencernaan seperti sembelit hingga risiko penyakit yang lebih serius, yaitu kanker usus dan wasir.

Meski demikian, menjadi vegetarian memang tidak mudah. Karena itu kita biasa menjalaninya secara bertahap dengan mengurangi konsumsi daging sedikit demi sedikit. Lagipula, tidak semua orang cocok menjalankan vegetarian, terutama mereka yang gizinya dianggap masih kurang atau menderita anemia. Sebabnya, beberapa nutrisi hilang ketika kita memutuskan menjadi pengikut vegetarian (vegan). Seperti kataHarriet Hall dalamVegan Betrayal: The Myths VS The Realities of a Plants Only Dietyang dipublikasikanScience Based Medicinedengan merujuk pada buku Mara Kahn,Vegan Betrayal: Love, Lies, and Hunger in a Plants Only World(2016)

Dari kedua buku itu terungkap, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa gaya hidup vegan mengurangi banyak nutrisi, yodium, zat besi, vitamin A, D, B12, protein, hingga asam lemak omega. Para penganut veganisme selalu berdalih mereka bisa mendapatkan nutrisi cukup dari pola makan vegan. Tapi, kenyataannya, banyak dari para vegan tidak mendapatkan hal itu. “Begitu kita menghentikan semua makanan dari hewan, banyak sekali nutrisi yang tiba tiba hilang,” tulis Hall mengutip Kahn.

Oleh sebab itu lebih baik berkonsultasi dulu dengan dokter mengenai kesehatan dan kondisi fisik kita sebelum memutuskan diri menjadivegan.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here