Metropolitan

Ditemukan Belasan Spanduk Ucapan Kemenangan Prabowo Sandiaga, Bawaslu Bekasi Surati BPN

Terkait sejumlah spanduk ucapan kemenangan Prabowo Sandiaga, Bawaslu Kota Bekasi mengungkapkan telah menyurati Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Sandiaga di wilayah setempat. Surat yang disampaikan itu berisi agar mereka menurunkan atau menertibkan baliho besar yang berdiri di Kota Bekasi. "Sudah kami kirimkan surat kepada BPN Kota Bekasi, karena aturannya 1×24 jam surat tersebut dikirimkan, dan jika tidak diturunkan oleh mereka, maka Bawaslu Kota Bekasi bersama unsur terkait yang akan menurunkannya," kataKetuaBawasluKotaBekasiTommySuswantopada Rabu (8/5).

Tommy mencatat saat ini ada dua baliho serupa di wilayah setempat. Pertama di depan Komplek Perumahan Duta Harapan, Kecamatan Bekasi Utara dan kedua di depan RS Bella Jalan Djuanda, Kecamatan Bekasi Timur. Isi konten dari kedua itupun sama yakni di bagian atas memberikan selamat kepada Prabowo dan Sandi yang menang dalam pemilu serta menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019 2024.

Namun di bawahnya ditulis ucapan Marhaban Yaa Ramadan. Tomy meminta kepada semua pihak termasuk para pendukung pasangan calon untuk menahan diri demi menjaga kondusivitas lingkungan. Dia juga meminta agar warga bersabar sambil menunggu penetapan pemenang pemilu pada 22 Mei 2019 mendatang.

"Kami khawatir adanya gesekan terkait hal ini dan kami berharap mereka mau menurunkannya sendiri," ungkapnya. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)KotaBekasiterus melakukan penyisiran terkait keberadaanbaliho tersebut. Kordinator Divis Pengawasan BawaluKotaBekasiAli Mahyail mengatakan, pihaknya sampai saat ini terus melakukan penyisiran terhadap keberadaanbalihoatau spanduk ucapan kemenanganPrabowo Sandiaga.

"Kita masih sisir barengSatpolPPdan Kepolisian, penyisiran di masing masing panwascam (panitia pengawas kecamatan)," kata Ali, Rabu (8/5/2019). Dia menjelaskan, sejak sekitar satu minggu belakangan, sepanduk ataubalihoucapan kemenangan untuk Prabowo Sandiaga banyak dijumpai di sejumlah titik diKotaBekasi. Semenjak awal kemunculan itu, Bawaslu danSatpolPPserta kepolisian untuk melakukan penertiban.

Sejumlah titik itu berada di Perumahan Kemang Pratama, Jalan Sultan Agung, Telum Pucung Bekasi Utara dan sejumlah titik lainnya. "Total sampai sejauh ini sudah ada 12 lebih baliho dan spanduk kemenangan paslon nomor urut 02," kata Ali. "Masyarakat diminta untuk sama sama menunggu keputusan resmi dari KPU dan tidak saling klaim kemenangan," jelas dia.

Pemasanganbaliho, kata Ali, dilakukan oleh sejumlah simpatisan dan pendukung. Untuk menghindari konflik,BawasluKotaBekasimengambil langkah persuasif untuk melakukan penertiban. "Kita persuasif enggak langsung turunin, bicarain dulu kalau misalnya spanduk itu di pasang di posko, atau tempat tempat tertentu agar menghidari konflik," ujar dia.

Spanduk yang tingginya sekira 4 hingga 6 meter dengan panjang sekira 2 meter itu terpampang di pertigaan Jalan Rawa Belong, Kebon Jeruk, JakartaBarat, Selasa (7/5/2019). Spanduk yang berukuran cukup besar itu pun menyita perhatian para pengendara yang melintas di jalan tersebut. Dalamspandukitu tertulis :

"Kami Warga dan PemudaRawaBelongmengucapkan selamat dan sukses atas terpilihnya Prabowo Subianto Sandiaga Salahudin Uno sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI". Dalamspandukitu juga memuat foto pasangan calon presiden dan wajil presiden nomor urut 02,Prabowo Sandi. Diantara kedua foto calon itu juga terpampang foto Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

"Sudah dari beberapa hari lalu sih itu dipasang. Cuma saya enggak tahu yang masangnya siapa," ujar Munir (29) pedagang asongan di sekitar pertigaan JalanRawaBelong. Sementara itu, Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jakarta Barat, Abdul Roup mengatakan pihaknya tak punya kewenangan untuk menertibkanspanduktersebut. Diketahui, sampa saat ini belum ada keputusan resmi terkait siapa pemenang pilpres 2019. KPU baru akan mengumumkan hasilnya secara resmi pada 22 Mei 2019.

Abdul mengatakan yang berwenang melakukan penertiban dalam hal ini adalah Satpol PP. "Kewenangan penertiban ada di Satpol PP apakah ada pelanggaran Perda atau tidak," kata Abdul saat dikonfirmasi. Diketahui, berdasarkan real count KPU hingga Selasa 7 Mei 2019 pukul 04.45 WIB dengan data masuk hingga 69,09018%, paslon nomor urut 01 Joko Widodo Maruf Amin masih unggul dariPrabowo Sandiaga.

Jokowi Maruf memperoleh 56,32% dengan jumlah perolehan 59.615.534 suara. SedangkanPrabowo Sandiaga mendapatkan 43,68% dengan jumlah perolehan suara 46.237.400. Hal ini baru terisi 561.945 dari 813.350 TPS atau lebih tepatnya 69,09018% suara yang sudah masuk.

Sejumlah spanduk kemenangan capres dan cawapres mulai bertebaran di wilayahJakartaBarat. Salah satunya spanduk kemenangan pasangan nomor urut 02. Spanduk kemenangan Prabowo Sandi ini berdiri di Pertigaan Jalan Kyai H. Syahdan, Kemanggisan.

Dalam spanduk itu tertuliskan sebuah ucapan selamat kepada warga yang telah mendukungPrabowo Sandiaga. "Forum silaturahmi masyarakat Palmerah mengucapkan terima kasih kepada warga kecamatan Palmerah yang mendukung dan memenangkanPrabowo Sandiagasebagai Presiden dan wapres 2019 2024," tulisan dalam sepanduk tersebut. Spanduk perpaduan warna merah dan putih ini membentang dengan ukuran yang cukup besar, bahkan beberapa pengendara yang melintas pun dapat sangat jelas melihat spanduk ini.

Di antara kedua foto calon itu juga terpampang foto Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Meski sudah terpasang sejak 5 hari yang lalu namun sejumlah warga tidak begitu mengenal orang yang memasang spanduk tersebut. "Udah hampir semingguan, kira kira 5 harian lah. Ngak tahu yang masang siapa, saya ngak kenal, pasang pas malam," kata Rokhin, salah satu pedagang disekitar lokasi, Selasa (7/6/2019).

Sementara itu spanduk yang sama juga terpasang di Pertigaan rawa BelongJakartaBarat, namun spanduk ini berukuran lebih kecil dari pada dilokasi lain. Meski begitu belum diketahui siapa yang memasang spanduk tersebut. Dalam spanduk tersebut hanya bertuliskan : "Kami Warga dan PemudaRawa Belongmengucapkan selamat dan sukses atas terpilihnya Prabowo Subianto Sandiaga Salahudin Uno sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI"

Sementara itu, Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran BawasluJakartaBarat, Abdul Roup mengatakan pihaknya tak punya kewenangan untuk menertibkan meski saat ini belum ada keputusan resmi terkait siapa pemenang pilpres 2019. Menurutnya yang berwenang melakukan penertiban dalam hal ini adalah Satpol PP. "Kewenangan penertiban ada di Satpol PP apakah ada pelanggaran Perda atau tidak," ujarnya

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here