Kesehatan

Dinilai Solusi Perlambat Penyebaran Virus Corona Apa Itu Social Distancing

Banyak negara yang sudah memberlakukansocial distancing sebagai satu di antara upaya pencegahan penyebaran virus corona atau (Covid 19). Social distancingmerupakan salah satu langkahefektif yang direkomendasikan olehWorld Health Organisation(WHO)untuk memperlambat penyebaranCovid 19. Dilansir darithelatch.com.au,Departemen Kesehatan Pemerintah Australia jugamenggunakan strategisocial distancingdalam Rencana Manajemen Pandemi Influenza.

"Secara keseluruhan, langkah langkahsocial distancingditemukan cukup efektif dan banyak yang mungkin dapat diterima di Australia sebagai tindakan sementara," seperti yang termuat dalam rencana, dikutip darithelatch.com.au. Di Indonesia, Pemerintah telah memberlakukansocial distancingsejak Sabtu (14/3/20) oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan menutup sekolah dan tempat wisata di wilayah Jakarta, kemudian disusul oleh Presiden Jokowi pada Minggu (15/3/20) sore. Sayangnya, hingga kini masih banyak masyarakat yang tetap melakukan aktivitas di luar rumah.

Padahal,pemberlakuannyasocial distancingbukan tanpa sebab. Melainkan Pemerintah ingin masyarakat terlindungi dari virus corona (Covid 19)yang semakin menyebar luas. Lantas, apakah masyarakat Indonesia sudah mengetahui dan memahami apa itusocial distancing? Peneliti kebijakan kesehatan senior, Lori Uscher Pines, mengatakan bahwa tidak ada cara yang benar atau salah untuk menerapkansocial distancing.

"Jika Anda secara pribadi khawatir tentang Covid 19, Anda harus mencoba membatasi kontak dan paparan Anda ke tempat tempat ramai, dan mencoba untuk menjaga jarak tiga hingga enam kaki (dari orang lain)," kata Lori Uscher Pines, seperti dilansir darithelatch.com.au. Meski kita masih diberi kebebasan apakah ingin beraktivitas di luar rumah atau tidak tetapi kita sebaiknyamenghindari tempat tempat umum berusaha selaluberada di rumah. Kita harus lebih memikirkan tentang bagaimanakita dapat mengurangi kontak dekat maupun lingkungan yang ramai.

Karena kita tahu bahwaCovid 19 menyebar dengan cepat, terlebih dalam lingkungan yang ramai. Oleh karenanya, Menurut Uscher Pines, mematuhi rekomendasi kesehatan masyarakat dari pemerintah adalah yang paling penting. MenurutAustralian Government Departement of Health,berikut langkah tepat melakukansocial distancing:

Seperti yang disebutkan, lakukan kebersihan tangan dan bersin / batuk yang baik Hindari berjabat tangan dan berciuman Bersihkan permukaan sentuhan tinggi secara teratur, seperti meja, bangku dapur, dan gagang pintu

Tingkatkan ventilasi di rumah dengan membuka jendela atau menyesuaikan AC Membeli barang atau jasa secara online Pertimbangkan apakah tamasya dan perjalanan, baik individu maupun keluarga, masuk akal dan perlu

Social distancingdi rumah, jika ada orang sakit Merawat orang yang sakit di satu ruangan jika memungkinkan Tutup pintu kamar orang sakit dan, jika mungkin, jendela terbuka

Orang yang sakit dan orang yang merawatnya harus menggunakan masker bedah saat mereka berada di ruangan yang sama Melindungi anggota keluarga yang rentan lainnya, seperti orang berusia di atas 65 tahun atau orang dengan penyakit kronis, termasuk, jika dapat dilakukan, menemukan akomodasi alternatif Social distancingditempatumum

Sanitasi tangan, termasuk saat memasuki dan meninggalkan gedung Jika memang diperlukan pergi, lakukan pada waktu tenang dan mencoba menghindari keramaian Pekerja angkutan umum dan pengemudi taksi harus membuka jendela kendaraan jika memungkinkan, dan secara teratur membersihkan dan mendisinfeksi permukaan sentuhan tinggi.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here