Travel

Chef Juna Blak-Blakan Alasan Bisnis Restoran Ramen

Mendirikan bisnis kuliner yang diberi nama GOGO Ramen, Chef Juna blak blakan awal mula mendirikan bisnis ini. Juna mengatakan, rencana bisnus ini berawal dari sebuah pertemuannya Ari di suatu acara. Awalnya, mereka mengobrol tentang dunia F&B dalam hal management, service, dan hal hal yang berkaitan lainnya.

"Sampai akhirnya munculah ide untuk menciptakan konsep F&B yang lebih baik hingga muncul keinginan untuk usaha ramen," kata Juna di Jakarta, Minggu (26/1/2020). Pilihan Juna memilih ramen bukan tanpa alasan. Pasalnya, mnat masyarakat Indonesia terhadap makanan Jepang khususnya Ramen tergolong tinggi.

"Banyak orang Indonesia yang suka dengan ramen karena rasanya cocok di lidah Indonesia. Budaya makan mie pun bukan sesuatu yang baru di Asia khususnya Indonesia," katanya. Disinggung mengenai resep ramen, merupakan hasil kolaborasinya antara Ari. "Karena saya berpengalaman dalam hal makanan Jepang, maka Pak Ari bersedia menjadi partner," katanya.

Chef Juna sendiri berperan di area quality controll. "Tidak setiap hari ke sini sih, tapi kalau ada event yang melibatkan GOGO Ramen tentu saya akan datang," katanya. Perbedaan GOGO Ramen dengan restoran ramen lainnya, selain di dining experience adalah di menu ramennya yang lebih banyak.

Ada delapan jenis ramen yang jadi menu andalan yakni Hokaido Miso, Super Ramen Tomyam, Kyoto Green Ramen, Super Ramen Collagen, Asakusa Red Chilli, Super Ramen Roasted Pepper, dan Super Ramen Tsukiji Squid Ink. Dalam kesempatan yang sama, Ari mengatakan, dari awal buka, prosedur di GOGO Ramen ini semuanya halal. "Dan saat ini, kami sedang mengurus sertifikat halalnya," katanya.

Tentang pilihan lokasi di Transpark Bintaro karena merupakan mall yang mengusung konsep ala Jepang dan segmentasinya sejalan dengan GOGO Ramen. "Dan, memang rencana untuk pendirian outlet pertama GOGO RAMEN adalah di luar Jakarta," kata Ari. Yang unik mereka menggunakan QR barcode pada system order yang mengadopsi budaya Jepang yang sudah lebih dulu menerapkan sistem order semacam ini.

Dan ini merupakan konsep baru dalam dining experience di Indonesia. Di Jepang sana, sistem order seperti ini sangat lazim, sistem ini banyak ditemui di F&B yang ada di Negeri Sakura sana. "GOGO RAMEN jadi yang pertama membawa budaya yang berasal dari Jepang ini ke Indonesia. Bukan hanya dari segi makanan tapi juga dari segi dining experience nya," katanya.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here