Lifestyle

Cara Mudah Atasi Karat di Baju

Cara Mudah Atasi Karat di Baju

Memakai baju yang bersih dapat menambah rasa percaya diri. Tetapi tidak semudah dibayangkan untuk mendapatkan baju yang bersih. Apalagi baju yang dipakai anak-anak pasti akan sering terkena noda dan kotoran. Membersihkan baju yang terkena noda tidak mudah. Salah satu noda yang sering sulit dihilangkan adalah noda karat. Untuk atasi karat ini membutuhkan penanganan khusus.

Noda karat biasanya diperoleh dari karat besi yang menggores atau menempel di permukaan baju. Noda karat yang terlihat akan sangat mengganggu estetika dan tentu saja mengurangi rasa percaya diri. Baju yang terkena noda karat akan sangat sulit dibersihkan apalagi hanya menggunakan deterjen biasa. Agar benar-benar bersih membutuhkan bahan lain yang dapat menghilangkan noda karat pada baju.

Menghilangkan noda memang tidak mudah apalagi noda akibat karat. Tetapi ada cara yang aman, mudah dan praktis untuk membersihkan baju dari noda karat tersebut. Bahan-bahan yang diperlukan dapat mudah ditemukan dan berupa bahan alami. Berikut cara atasi karat yang tertempel di baju secara alami dan mudah.

Sabun Cuci Piring

Ternyata bahan yang ada di sabun pencuci piring memiliki zat aktif untuk membersihkan noda karat pada baju. Sebagai pertolongan pertama dapat menggunakan sabun cuci piring ini. Caranya sangat mudah, cukup oleskan sabun cuci piring ke kain yang terkena noda. Gosok-gosok hingga noda karat terlihat memudar kemudian bilas sampai bersih. Rendam baju di dalam air yang dicampur deterjen beberapa saat baru dikucek sampai noda karat benar-benar menghilang.

Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan yang ampuh untuk menghilangkan berbagai noda. Tidak hanya pada baju saja tetapi di tempat lain seperti kerak di kamar mandi. Baking soda tidak akan merusak kain baju dan aman. Cara menghilangkan noda karat pada baju sangat mudah dan praktis. Buat pasta baking soda yang kental dengan cara mencampur air. Bagian baju yang terkena noda dioles pasta baking soda dan gosok hingga noda memudar. Cuci menggunakan deterjen sampai noda karat benar-benar hilang.

Cuka dan Garam

Kombinasi cuka dan garam dapat digunakan untuk menghilangkan karat pada baju meskipun noda sudah mengering. Caranya sangat praktis. Agar mudah saat membersihkan maka baju yang terkena noda diletakkan di atas handuk. Teteskan cuka putih ke kapas sampai basah dan tekan ke bagian yang terkena noda berulang-ulang. Oleskan garam di atas noda karat dan gosok perlahan. Pastikan cuka dan garam sudah meresap ke dalam serat kain.

Jemur baju di bawah sinar matahari langsung dengan posisi yang terkena noda karat menghadap ke bagian atas. Biarkan selama setengah jam hingga satu jam. Bilas baju dari cuka dan garam menggunakan air bersih. Baru kemudian dicuci memakai deterjen seperti biasa.

Lemon dan Garam

Lemon mengandung asam yang dapat noda karat luntur sedangkan garam berguna untuk mengangkat noda. Cara membersihkan noda karat menggunakan bahan lemon dan garam sangat aman sehingga tidak merusak kain. Oleskan garam ke noda karat pada baju secukupnya hingga noda tertutup. Teteskan air perasan lemon di atasnya dan pastikan telah terkena air lemon semuanya.

Jemur di atas sinar matahari langsung dan posisikan bagian yang terkena noda pada bagian atas. Proses ini akan membantu penyerapan bahan ke serat kain. Bilas menggunakan air bersih hingga garam dan air lemon tidak bersisa. Rendam ke dalam air berisi deterjen dan kucek hingga noda karat menghilang.

Noda karat pada baju dapat mengurangi esetetikanya apalagi jika terjadi pada baju putih. Cara atasi karat menggunakan bahan alami yang aman, mudah dan murah seperti tips di atas dapat dicoba.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here