Techno

Cara Membuat Filter Mata Juling di Instagram Story yang Viral Wawan Korban Kecanduan Game Online

Belakangan ini media sosial cukup digegerkan dengan video pria bermata juling. Sejumlah narasi disertakan dalam video bahwa mata pria tersebut juling akibat kecanduan main game online. Sejumlah warganet, terutama kalangan orang tua termakan oleh isu yang sebenarnya hanya candaan semata itu.

Para orang tua mengira bahwa mata juling itu benar benar terjadi akibat kecanduan game online, sehingga mereka menjadikan video tersebut alat untuk melarang anak untuk terlalu banyak menggunakan gawai. Video klarifikasi pun telah dibuat oleh pria yang berada di video tersebut, baik melalui akun Instagram @ravenanandio , maupun Twitter @fuckincapcipcup. Pemilik akun @ravenanandio pun mengatakan bahwa mata juling dalam videonya yang viral itu hanyalah filter dari Instagram story.

Efek mata juling tersebut merupakan filter Instagram Story yang dibuat oleh creator @sergiobaaaaaaa bernama Crazy Eyes. Cara menggunakan filter mata juling: Pastikan kamu telah meng upgrade aplikasi Instagram ke versi terbaru.

Untuk menggunakan filter mata juling, piling filter berjudul Maka, mata kamu di layar ponsel akan tampak bergerak gerak seperti mata juling. Viral video seorang pria berambut gondrong yang diklaim bernama Iwan Setiawan atau Wawan disebutkan mengalami gangguan jiwa dan tengah menjalani perawatan di sebuah rumah sakit jiwa.

Disebutkan dalam berita tersebut, penyebabanya diduga karena Wawan ini kecanduan main game online. Terlihat dalam video, mata pria yang disebut sebagai Wawan itu tampak juling dan berputar putar. Tak hanya itu, Wawan pun tak henti memainkan jari jarinya seolah sedang bermain game online.

Disebutkan juga, Wawan tak bisa diajak berkomunikasi oleh orang lain karena gangguan jiwanya tersebut. Namun, pria dalam video tersebut akhirnya memberikan klarifikasi melalui akun Twitter bahwa berita tersebut tidak benar. Mungkin cuma warga twitter yang bisa ngerti dan bantu, saya cuma mau bilang untuk ibu , bapak, om, dan tante yang ada di facebook dan grup wa keluarga, yang dimana sedang sibuk ngasih tau anak nya jangan maen gadget, stop pak, buk, saya masih sehat, " tulis akun Twitter Ravenandio, tertanggal 6 Desember 2019.

Setelah heboh pemberitaan tersebut, akunTwitterRavenandio pun memberikan klarifikasinya. Diakuinya, sosok yang disebutIwanSetiawanatauWawandalah video tersebut adalah dirinya. Ia menggunakan filter Instagram untuk membuat matanya seolah olah juling.

Lantas, ia pun membuat parodi dengan berakting seperti orang gila yang kecanduan game online. Dalam akun Instagram Story nya, Ravenandio pun memberikan klarifikasi lengkap Dengan kesal, Ravenandio pun meminta agar warganet di Facebook untuk mencoba main ke Instagram dan bermain filter

Untuk warga Facebook, main main coba ke Instagram sini. Cobain shuffle dance yang joget putar putar matanya, " ucap Ravenandio. Setelah itu, Ravenandio pun menunjukkan matanya yang masih sehat tak juling seperti dalam viseo tersebut. Ini gak gila, ini masih waras ," tegas Ravenandio sambil menunjukkan kedua matanya yang masih sehat.

Ia pun meminta gar warganet jangan terbodohi dnegan video yang diunggah olehnya dan disebar oleh akun akun lain. Tolong, ini yang kesebar 70ribu di satu akun, " ujar Revanandio Nanti terbodohi semuanya, hasil nutrisi makan 20 tahun, atau 50 tahun sia sia gak nyampe ke sini gitu loh ," tegas Ravenandio sambil menujuk kepalanya.

Dikutip dariKompas,IS atauIwanSetiawanaliasWawan“Game” ini adalah seorang pria berusia 32 tahun yang dituduh mengalamigangguanjiwaakibat bermain game online. Namun tuduhan tersebut langsung dibantah keras oleh perawat Wawan di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerak Cepat Bersama, Sri Pudjiawati. Sri menjelaskan bahwaWawansebenarnya mengidap Skizofrenia, danbukan disebabkan olehgame online.

“Sebenarnya IS (panggilan LSM untukWawan) bukan sakit karena game online. Saya dampingi IS dari 2016,” ujarnya. Ketua LSM Gerak Cepat Bersama, Farian ikut membantah tuduhan tersebut. Dia menjelaskan bahwa tanganWawanyang bergerak seperti memegangsmartphone sebenarnya disebabkan oleh rasa cemas yang tinggi.

“Kalau IS tangannya begitu karena rasa cemas yang tinggi, permasalahan yang enggak pernah dikeluarkan. Jari tangannya enggak mau diam bukan berarti karena enggak bisa main handphone,” jelasnya.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here