Kesehatan

Cara Hilangkan Lemak di Perut dengan 5 Tips ‘Sleep Hack’ Termasuk Tidur Dalam Gelap & Matikan HP

Jutaan orang bahkan tidak menyadari bahwa sejatinya 5 tips 'sleep hack' ini dapat membantu mengecilkan lemak di perut. Orang orang mungkin mengatakan bahwa, menurunkan berat badan bukan hanya tentang mengurangi asupan kalori. Akan tetapi, menurunkan berat badan juga harus berolahraga secara teratur.

Nah, bagaimana jika ada teori yang menyatakan bahwa istirahat yang cukup dapat mencegah dari obesitas. Yap, benar saja seperti dikutip Tirbunstyle dari Asiaone.com (24/11/2019) menyebutkan bahwa ada 5 'sleep hack' yang wajib dicoba untuk membantu mengecilkan berat badan terutama lemak di area perut. Peningkatan berat badan akibat kurang tidur terjadi karena kejernihan mentalmu berkurang.

Dan kemudian memengaruhi kemampuanmu untuk berpikir. Hal itu berarti lebih mungkin bagimu untuk menyerah pada makanan berlemak dan manis secara berlebihan terutama jika sedang diet. Nah, agar tidurmu dapat mengurangi lemak yang berada di perut, 5 'sleep hack' berikut wajib kamu coba.

Tidak semua lemak buruk, bahkan mungkin kamu menginginkan lemak tertentu untuk membantu menurunkan berat badan. Lemak coklat, juga dikenal sebagai brown adipose tissue (BAT) adalah lemak dalam tubuh yang menggunakan energi untuk menyesuaikan diri dengan lingkunganmu. Lemak ini dapat diaktifkan oleh suhu dingin sebagai jaket pemanas internal di dalam tubuh.

Hal itu digunakan untuk menghasilkan banyak sel lemak coklat dan membakar kalori, sehingga tidur dingin sebenarnya dapat membantumu menurunkan beberapa kilo dan membuatmu lebih sehat. Tidur pada suhu yang lebih rendah mengubah lemak coklatmu menjadi lemak putih, yang dapat menghasilkan manfaat metabolisme yang baik dari waktu ke waktu. Tentu saja kebanyakan dari kita tidur dalam kegelapan, namun yang dimaksudkan adalah kegelapan total yang absolut.

Ini bahkan bisa berarti mematikan lampu, seperti meletakkan tiraimu untuk menghalangi lampu dari jendela. Ini agar kamu dapat membantu tubuhmu menghasilkan melatonin atau hormon pendorong tidur lebih efisien, yang merupakan proses terjadinya saat matahari tenggelam. Melatonin mempengaruhi metabolismemu, khususnya dalam proses mengubah lemak coklat menjadi lemak putih.

Kamu mungkin pernah mendengar yang ini sebelumnya, tetapi kamu mungkin tidak tahu bahwa kamu sebenarnya bisa minum teh hijau di malam hari. Kemungkinan hal ini berlawanan dengan intuisi untuk meminum ini sebelum tidur ketika mengandung kafein, tetapi teh hijau mungkin sebenarnya lebih ramah terhadap tidur daripada yang kamu kira. Teh hijau mengandung banyak senyawa yang dapat membantumu membakar lemak.

Salah satu antioksidan tersebut adalah epigallocatechin gallate (ECGC), yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Menurut penelitian, anak anak dengan satu atau lebih perangkat elektronik di kamar tidur lebih cenderung kelebihan berat badan. Ini terkait dengan aktivitas fisik dan pilihan diet yang lebih baik karena kurang tidur agar tidak terganggu.

Tubuh sering mencoba untuk menebus kekurangan tidur dengan makan berlebihan ketika hormon kelaparan, ghrelin meningkat. Pengurangan energi juga berarti kurang berkomitmen pada tugas fisik, mulai dari memukul gym hingga aktivitas sehari hari. Kenaikan berat badan juga disebabkan oleh cahaya biru yang dipancarkan dari smartphone.

Cahaya biru menghambar produksi melatonin, seperti halnya cahaya kamar tidurmu. Jadi sebaiknya jauhkan barang elektronik tersebut sebelum tidur. Seperti semua proses tubuh lainnya, kamu membakar kalori saat tidur, bahkan jika kamu merasa tidak melakukan apa apa.

Faktanya, tubuh membakar kalori saat kamu tidur nyenyak daripada hanya berbaring di tempat tidur tanpa terlelap. Bagian yang paling menakjubkan adalah semakin baik kamu tidur, dan semakin lama kamu tidur, semakin banyak kalori yang terbakar. Ini karena tidur nyenyak, juga dikenal sebagai tahap tidur Rapid Eye Movemnet (REM) di mana saat otak sedang aktif.

Ketika otak menggunakan energi ini, tubuh terus menerus menghasilkan glukosa untuk memicu aktivitas ini, bahkan ketika sedang tidur. Rata rata, seseorang dengan berat 52kg akan kehilangan sekitar 42 kalori per jam saat tidur.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here