Kesehatan

Bisa Memperbaiki Kualitas Tidur Jadi Lebih Nyenyak 4 Pola Makan buat Hindarkan Insomnia

Berikut ini adalah berbagai pola makan yang bisa dilakukan agar bisa tidur dengan nyenyak. Kualitas tidur bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, mulai dari aktivitas sehari hari hingga makanan yang dikonsumsi. Makanan memang menjadi salah satu hal yang berpengaruh pada kualitas tidur.

Beberapa makanan dan minuman bisa menyebabkan kualitas tidur yang buruk dan tidur tidak nyenyak. Selain makanan, pola dalam mengonsumsi makanan seperti porsi dan waktu makan juga bisa berpengaruh pada kualitas tidur. Mengendalikan pola makan sekaligus makanan yang dikonsumsi wajib dilakukan jika ingin memiliki kualitas tidur yang baik.

Sebab, kualitas tidur bisa sangat berpengaruh juga pada aktivitas sehari hari. Bagaimana dengan pola makan yang baik agar kualitas tidur menjadi baik? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah pola makan yang bisa memperbaiki kualitas tidur dan membantu untuk tidur dengan nyenyak.

Jika ingin tidur nyenyak maka aturlah porsi makan dan jam makan yang tepat. Makan terlalu sedikit di siang hari akan menyebabkan lapar di malam hari. Ketika lapar di malam hari, kita pun jadi ingin makan dulu sebelum tidur.

Padahal, makan malam haribisa mengurangi kualitas tidur. Hal ini bisa terjadi karena pencernaan kita akan bekerja saat menjelang istirahat. Walaupun alkohol bisa membuat badan sedikit rileks dan mengantuk.

Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol sebelum tidur bukanlah hal yang baik. Proses metabolisme dalam tubuh akan berjalan cepat jika kita minum alkohol dan akan mengganggu tidur. Berdasarkan hasil studi American Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa mengkonsumsi makan malam yang memiliki karbohidrat yang tinggi akan membuat tidur lebih berkualitas.

Makanan yang mempunyai karbohidrat kompleks dapat meningkatkan serotonin yang membuat kita rileks. Kafein mempunyai efek yang berbeda beda tergantung pada sensitifitas orang terhadap kafein. Jika ingin tidur nyenyak, hindari kafein karena kafein akan membuat kita terus terjaga.

Kafein bisa ditemukan dalam kopi, teh, cokelat, dan minuman energi. Lebih baik ganti minuman yang mengandung kafein dengan air putih sebelum tidur agar kualitas tidur menjadi baik. Kebiasaan tidur yang sehat dapat membuat perbedaan besar dalam kualitas hidup sehari hari.

Memiliki kebiasaan tidur yang sehat juga sering disebut sebagai memiliki kebiasaan sebelum tidur yang baik. Pastikan Anda memiliki waktu kebiasaan tertidur dan terbangun pada waktu yang sama. Bahkan ketika akhir pekan, usahakan tetap pada jadwal tidur dan bangun.

Kebiasaan membantu mengatur jam tubuh Anda dan dapat membantu Anda nyaman tertidur di malam hari. Aktivitas santai yang rutin sebelum tidur yang dilakukan jauh dari cahaya terang membantu memisahkan waktu tidur dan aktivitas sehari hari. Hal ini juga diduga dapat memberikan rasa gembira, mengurangi stres atau kecemasan yang dapat membuat tidur lebih sulit.

Idur siang dapat membantu menjalani hari, tetapi jika Anda tahu bahwa Anda tidak dapat tertidur di malam hari ini akan menjadi bahaya. Menghilangkan kebiasaan tidur di siang hari bisa membantumu pulas di malam hari. Latihan dan berolahraga memang menguras tenaga.

Tetapi pernahakah Anda mencoba olahraga ringan sebelum atau yang bisa dilakukan setiap hari? Berolahraga setiap hari, bisa membantu Anda lelah ketika di malam hari dan dapat membantu jamtidur Anda. Rancang kamar untuk tubuh dan pikiran.

Kamar haruslah sejuk. Kamar tidur juga harus bebas dari kebisingan yang dapat mengganggu tidur. Pastikan kasur dan bantal yang digunakan nyaman dan suportif.

Emiliki bantal yang nyaman dan membuat ruangan menarik mampu membuat kebiasaan tidur yang baik. Buang bantal atau kasurmu yang sudah berusia tua. Hindari cahaya terang di malam hari dan biarkan diri terkena sinar matahari di pagi hari.

Ini akan menjaga ritme tubuh tetap terkendali. Alkohol, rokok, dan kafein dapat mengganggu tidur. Makan makanan besar atau pedas dapat menyebabkan ketidaknyamanan karena gangguan pencernaan yang membuat sulit untuk tidur.

Jika memungkinkan, hindari makan dalam jumlah besar selama dua hingga tiga jam sebelum tidur. Tubuh perlu waktu untuk beralih ke mode tidur, jadi habiskan satu jam terakhir sebelum tidur melakukan aktivitas yang menenangkan. Bagi sebagian orang, menggunakan perangkat elektronik seperti ponsel dan laptop dapat membuatnya sulit untuk tertidur.

Diduga hal ini terjadi karena jenis cahaya tertentu yang berasal dari layar perangkat ini mengganggu otak. Jika masih sulit tidur, hindari barang elektronik sebelum tidur atau di tengah malam. Yang terbaik adalah mengeluarkan bahan kerja, komputer, dan televisi dari lingkungan tidur.

Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur dan melakukan hal menyenangkan untuk relaksasi. Jika Anda mengaitkan aktivitas tertentu dengan kecemasan sebelum tidur, hilangkan itu dari rutinitas sebelum tidur. Mencari profesional untuk membantu tidur adalahpilihan yang tepat.

Anda juga dapat mengambil manfaat dari mencatat jam tidur di Sleep Diary untuk membantu mengevaluasi pola atau masalah yang mungkin Anda lihat dengan kebiasaan tidur.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here