Corona

Benarkah Bisa Mengurangi Penyebaran Virus Corona Apa Itu Herd Immunity

Pandemi virus corona masih belum menunjukkan tanda tanda penurunan. Hingga saat ini, virus yang diduga berasal dari China ini telah menginfeksi hingga ke 193 negara. Di indonesia, hingga Minggu (22/3/2020) telah dikonfirmasi terdapat 514 kasus.

Dari data tersebut, 48 orang ditanyakan meninggal dunia, dan 29 pasien berhasil sembuh. Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah guna menekan bertambahnya jumlah pasien virus corona. Termasuk diantaranya imbauan untuk melakukan social distancing, work from home dan lain sebagainya.

Baru baru ini juga muncul istilah herd immunity. Dikutip dari , dokter Samara Linton menjelaskan pengertian herd immunity atau kekebalan kelompok. Herd immunity merupakan situasi di mana wabah penyakit tidak mungkin menyebar karena cukup banyak orang yang divaksinasi terhadap penyakit tersebut.

Sayangnya, hingga saat ini peneliti belum menemukan vaksin untuk virus corona. Kondisi herd immunity, berarti ada cukup banyak orang yang kebal terhadap suatu penyakit sehingga akan mengurangi penularannya. Dilansir , profesor penyakit menular London School of Hygiene & Tropical Medicine, Martin Hibberd memberikan penjelasannya.

Menurut Martin saat 70 persen populasi yang telah terinfeksi pulih, wabah jadi lebih sedikit. Karena lebih banyak orang yang kebal terhadap infesi wabah itu. "Ketika sekitar 70 persen populasi telah terinfeksi dan pulih, kemungkinan wabah penyakit menjadi jauh lebih sedikit."

"Karena kebanyakan orang resisten terhadap infeksi, inilah yang disebut dengan herd immunity," ujar Martin. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa satu orang yang terinfeksi rata rata menginfeksi antara dua dan tiga orang lainnya. Ini berarti, jika tidak ada tindakan lain yang diambil, kekebalan kelompok akan meningkat ketika antara 50 hingga 70 persen populasi kebal.

Menurut pandangan Profesor di Veterinary and Ecological Sciences at Liverpool University, Matthew Baylis cara ini tidak perlu dilakukan. Baylis mengatakan, langkah langkah seperti social distancing, rajin mencuci tangan dan menhindari kontak fisik dengan penderita sudah sangat tepat. "Dari sudut pandang epidemiologi, triknya adalah mengurangi jumlah orang yang berinteraksi dengan kita."

"Sehingga kita dapat menurunkan jumlah pasien terinfeksi, dan herd immunity akan dimulai lebih awal," kata Baylis. Dilansir , Sekretaris Inggris for Health and Social Care, Matt Hancock, membantah kebijakan herd immunity untuk penanganan virus corona. Menurut Hancock, herd immunity hanya berfungsi jika mayoritas populasi telah divaksinasi terhadap suatu kondisi.

Bahkan seseorang yang telah divaksin belum tentu terbebas dari suatu penyakit tersebut. Karena dengan herd immunity tanpa vaksin seperti kasus virus corona baru akan meningkatkan jumlah pasien secara drastis. Dengan begitu, akan dibutuhkan banyak ruang ICU dan ruang isolasi guna merawat pasien sehingga rumah sakit akan kewalahan.

Sebelumnya, Kepala penasihat ilmu pengetahuan untuk pemerintah Inggris, Patrick Vallance, mengatakan jika Inggris perlu membangun herd immunity. Menurut Patrick, herd immunity bisa mengurangi penularan virus corona. Namun pernyataannya tersebut justru mendapat banyak kritikan dari para ahli.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here