Kesehatan

Benarkah Bau Mulut Bisa Menjadi 7 Pertanda Ini? Cari Tahu Disini!

Rasa tidak enak di mulut bisa jadi gejala dari sesuatu yang penyakit berbahaya. Rasa pahit, asam, logam, atau manis, ada alasan di balik semua itu. Beberapa faktor yang harus kamu ingat antara lain makanan apa saja yang telah kamu makan dan riwayat kesehatan keluarga.

Infeksi jamur juga disebut oral thrush dan itu mempengaruhi mulut. Hal itu akan menciptakan bintik bintik putih pada tenggorokan dan lidah. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri bernama Candida Albicans.

Bakteri ini yang secara alami menghuni mulut dan dikendalikan oleh sistem kekebalan tubuh. Namun, jika sistem kekebalan tubuhmu melemah, bakteri ini dapat dengan cepat bereproduksi menyebabkan infeksi. Terlepas dari potongan putih di tenggorokan, gejala lain dari ini adalah rasa aneh di mulut.

Terlepas dari mual dan kelelahan, sebagian besar wanita hamil mengeluh tentang rasa logam di mulut mereka. Ini terjadi karena perubahan hormon yang dialami tubuh di masa kehamilan. Hormon dapat memengaruhi indera penciuman dan perasa.

Hal ini yang menyebabkan kamu bisa membenci aroma parfum dan wawangian lainnya. Tapi jangan khawatir, ini biasanya hilang pada trimester ketiga. Jika kamu makan makanan rendah zinc, tubuh tidak menyerap zinc dalam jumlah yang tepat.

Kekurangan zinc membuatmu mengalami rasa aneh di mulut. Para ilmuwan percaya hal itu terjadi karena zinc meningkatkan kadar gustin, sejenis protein yang mengontrol selera. Jika lidahmu terasa pahit , disertai flu atau pilek, jangan khawatir karena ini termasuk normal.

Menurut para ahli hal ini termasuk infeksi yang umum terjadi. Yang terpenting adalah untuk tetap waspada terhadap sistem kekebalan tubuh. Untuk melawannya perbanyak produksi protein.

Jika infeksi ada di hidung atau tenggorokan kamu mungkin mengalami rasa aneh karena bakteri yang menyebabkan flu. Jika tubuhmu mengalami kesulitan mengatur gula dalam darah kamu mungkin mengalami rasa manis yang aneh di mulutmu. Penelitian menunjukkan bahwa ini adalah alasan jika kamu menderita diabetes.

Alasan lain adalah bahwa terkadang diabetes dapat menurunkan jumlah seng yang diserap tubuh. Inilah yang membuat mulutmu akan terasa seperti memakan sesuatu yang pahit. Kecemasan dapat menyebabkan apa yang dikenal sebagai xerostomia atau mulut kering.

Efek kekeringan terjadi disebabkan oleh jumlah air liur yang rendah di mulut. Air liur berperan penting dalam kesehatan kita dari awal pencernaan kita untuk melawan bakteri jahat di mulut. Jadi jika tubuh tidak memproduksinya dalam jumlah yang diperlukan, kamu akan merasakan rasa aneh.

Ketika kamu gugup, khawatir, atau cemas, tubuh cenderung menghasilkan lebih sedikit air liur. Mulut adalah rumah bagi banyak jenis bakteri, baik dan buruk. Jika kamu tidak memiliki kebersihan mulut yang baik dengan menyikat gigi, kamu akan membuay bakteri berbahaya berkembang biak.

Hal ini akan membuat rasa aneh di mulut. Selain rasa yang aneh, jika dibiarkan bisa menyebabkan masalah dengan gigi dan gusi, yang akan memperburuk keadaan.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here