Kesehatan

Bawang Merah Ternyata Punya 5 Manfaat Besar buat Kesehatan Meski Baunya Menyengat

Berikut ini adalah manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh yang tidak banyak orang tahu. Bawang merah adalah salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Salah satu bumbu dapur ini sangat mudah ditemukan di Indonesia karena banyak ditanam di dataran tinggi di Indonesia.

Aroma yang khas dari bawang merah bisa membuat masakan menjadi lebih sedap dan nikmat. Diketahui, bawang merah telah dibudidayakan selama ribuan tahun dan bahkan disebutkan dalam berbagai literatur dan sejarah Yunani. Selain bisa dijadikan sebagai bumbu masakan Indonesia, bawang merah di luar Indonesia banyak dijadikan sebagai salad dan acar.

Ternyata, bawang merah memiliki berbagai manfaat kesehatan yang sangat baik untuk tubuh. Dalam 100 gram bawang merah, mengandug 72 kalori dan berbagai nutrisi lain, seperti karbohidrat, serat, protein, kalsium potasium, dan natrium. Lalu, apa saja manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh?

Dilansir dari Boldsky , inilah manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh. Bawang merah kaya akan zat besi, dan potasium yang bisa membantu memperlancar sirkulasi darah. Mengonsumsi bawang merah bisa membantu merangsang produksi sel darah merah.

Sel darah merah dibutuhkan tubuh untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh organ tubuh agar tetap berfungsi dengan baik. Sirkulasi darah juga akan menjadi lancar karena mengonsumsi bawang merah ini. Bawang merah juga memiliki manfaat dalam menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Kandungan potasium dan allicin dalam bawang merah berperan meningkatkan pelepasan nitrat dalam tubuh dan memengaruhi tekanan darah secara langsung. Selain itu, kandungan kalium dalam bawang merah juga mampu merelaksasi dinding pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Selain menjaga tekanan darah agar tetap stabil, kandungan allicin dalam bawang merah juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

Senyawa allicin dapat menghasilkan enzim yang disebut dengan reductase, dimana bisa membantu mengendalikan produksi kolesterol. Manfaat lain dari bawang merah adalah mampu meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung. Hal ini disebabkan oleh kandungan allicin yang mampu menjaga tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol dimana kedua hal ini sangat berpengaruh pada kesehatan jantung.

Allium dan allyl disulfide, dua senyawa fitokimia dalam bawang merah memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Kedua senyawa ini mampu mengendalikan kadar gula darah yang bisa menyebabkan penyakit diabetes. Mengonsumsi bawang merah tentu sangat baik untuk penderita diabetes karena dapat mengendalikan kadar gula darah.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here