Kesehatan

Banyak yang Menyepelekan 4 Keadaan Medis pada Tubuh Ini Ternyata Bisa Sebabkan Kematian Mendadak

Berikut ini adalah berbagai keadaan medis yang bisa menyebabkan kematian mendadak. Banyak orang yang menganggap kematian mendadak hanya disebabkan oleh serangan jantung saja. Padahal ada beberapa keadaan medis yang bisa menyebabkan kematian mendadak.

Bahkan, beberapa keadaan ini seringkali dianggap sepele dan tidak dihiraukan. Beberapa keadaan medis ini bisa berakibat fatal bahkan menyebabkan kematian mendadak. Perlu diwaspadai untuk beberapa keadaan medis yang bisa menimbulkan akibat fatal ini agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa keadaan medis yang sering disepelekan tetapi bisa berakibat fatal. Tersedak adalah salah satu keadaan medis yang sering dianggap sepele dan banyak dihiraukan. Padahal, keadaan ini bisa berakibat fatal, bahkan kematian mendadak jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Dilansir dari Emedicinehealth.com, tersedak adalah kondisi dimana jalur pernapasan yang tertutup oleh benda asing. Benda asing yang sering menyebabkan tersedak ini adalah makanan yang dikonsumsi sehari hari. Kejadian ini bisa dikategorikan dalam darurat medis, apalagi jika dialami oleh anak anak.

Jika tidak ditangani dengan baik, maka tersedak akan menyebabkan kondisi yang fatal karena saluran pernapasan terganggu. Hipotermia adalah kondisi dimana suhu tubuh mengalai penurunan yang ekstrim. Kondisi ini terjadi saat suhu tubuh turun secara drastis bahkan hingga di bawah 35 derajat celcius.

Hal ini biasanya terjadi pada orang yang terpapar udara dingin terlalu lama. Jika tidak ditangani secara tepat, hipotermia bisa menyebabkan gagal jantung, gagal napas, bahkan kematian. Pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk menolong orang yang terkena hipotermia adalah memindahkan korban ke tempat yang lebih hangat dan kering, mengganti bajunya dan memberikan selimut yang hangat.

Tekanan darah bisa menjadi salah satu penyebab kematian mendadak, apalagi jika tekanan darah terlalu tinggi atau terlalu rendah. Banyak yang sering menyepelekan tekanan darah, padahal kondisi ini bisa berakibat fatal. Dalam beberapa kasus, tekanan darah terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa berakibat kematian mendadak jika tidak ditangani dengan tepat.

Pemicu dari tekanan darah yang tidak normal biasanya berasal dari makanan yang dikonsumsi, gaya hidup, stres, genetik, hingga penyakit tertentu. Maka, sangat penting untuk mengetahui tekanan darah dan mengendalikannya agar tetap normal. Mengendalikan tekanan darah bisa dilakukan dengan menerapkan pola makan yang sehat dan gaya hidup sehat.

Hipoglikemia adalah kondisi dimana kadar gula darah sangat rendah, bahkan dibawah 70 mg/dL. Penyebab hipoglikemia biasanya adalah pemakaian obat antidiabetes yang berlebihan, sehingga gula darah akan turun secara drastis. Untuk orang yang tidak memiliki penyakit diabetes, hipoglikemia terjadi karena kekurangan nutrisi dan produksi hormon insulin yang berlebihan dalam tubuh.

Kondisi medis ini bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan tepat, bahkan kondisi ini bisa menyebabkan kematian mendadak. Dilansir dari Diyhealth.com, gejala yang muncul dari hipoglikemia adalah pandangan kabur, kejang, mengigau, gemetahr hebat, cemas berlebihan, dan rasa lapar yang luar biasa. Untuk pasien yang menderita hipoglikemia, biasanya akan diberi makanan dan minuman yang mengandung gula untuk menaikkan kadar gula darah.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here