Metropolitan

Arus Balik di Terminal Kampung Rambutan Didominasi Bus dari Jawa Barat

Arus balik Lebaran 2019 di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur didominasi bus bus yang berasal dari Jawa Barat. Hal itu disampaikan Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Terminal Kampung Rambutan, Thofik Winanto saat ditemui di lokasi, Minggu (9/6/2019). Thofik pun membuktikannya dengan data. Pada hari ini, dalam kurun waktu pukul 14.00 17.00 WIB ada 57 bus dari Jawa Barat yang mengangkut 2.732 penumpang dari Jawa Barat.

Disusul dari Banten dengan 21 bus dan mengangkut 768; Jateng dengan 15 bus dan 245 penumpang; Jatim dengan 13 bus dan 110 penumpang serta Sumatera dengan 24 bus dan 577 penumpang. Thofik mengatakan kedatangan bus di Terminal Kampung Rambutan dari kawasan Jawa Barat akan terus terjadi hingga malam hari. Ia pun memprediksi arus balik di Terminal Kampung Rambutan terjadi pada hari ini.

“Diprediksi total ada 20 ribu penumpang yang akan turun di sini, meningkatkan dibandingkan kemarin yang hanya menyentuh 18 ribu orang,” katanya. Uncak arus balik di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur diprediksi akan terus berlangsung hingga malam hari nanti, Minggu (9/6/2019). Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Terminal Kampung Rambutan, Thofik Winanto mengatakan nanti malam Terminal Kampung Rambutan akan dibanjiri pemudik yang menggunakan bus jarak dekat.

Di sisi lain, menurutnya untuk bus jarak menengah seperti dari Tasikmalaya, Singaparna, Banjar, dan sekitarnya maupun jarak jauh seperti dari Jawa Tengah sebagian besar sudah sampai di Terminal Kampung Rambutan pada siang dan sore hari. Ia menegaskan kembali bahwa puncak arus balik di Terminal Kampung Rambutan akan terjadi hari ini. Menurut catatan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Kampung Rambutan dari pukul 00.00 hingga 16.00 sudah ada sekitar 15.784 penumpang dan 539 bus yang turun di Terminal Kampung Rambutan pada hari ini.

“Hari ini diprediksi bisa mencapai 20 ribu penumpang,” imbuhnya. Thofik menjelaskan bahwa bagi pemudik yang baru tiba Terminal Kampung Rambutan pada malam hari atau dini hari bisa memanfaatkan layanan tambahan dari Transjakarta untuk menuju kediaman masing masing. “Pemprov Jakarta telah bekerja sama dengan Transjakarta menyiapkan 9 trayek yang terdiri dari 93 kendaraan untuk mengangkut pemudik yang turun di Terminal Kampung Rambutan menuju ke berbagai tempat di Jakarta pada malam hingga dini hari nanti. Khusus mulai pukul 00.00 hingga 05.00 kendaraan dari Transjakarta akan didominasi ke arah Harmoni Jakarta Pusat,” tegasnya.

“Selain itu disiapkan angkutan bus lain seperti bus besar Mayasari, bus sedang Kopaja hingga angkot,” katanya. Kepadatan puncak arus balik mulai terlihat di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur pada hari ini, Minggu (9/6/2019). Berdasarkan informasi dari pihak Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Kampung Rambutan, dari pukul 00.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB sudah ada 11.352 penumpang dan 406 bus yang turun di Terminal Kampung Rambutan.

Jumlah itu melampaui jumlah penumpang pada periode yang sama di hari Sabtu (8/6/2019) kemarin di mana ada 9.364 penumpang dan 366 bus yang turun di Terminal Kampung Rambutan hingga pukul 14.00 WIB. Sementara itu pada Sabtu kemarin total ada 18.158 penumpang dan 681 bus yang turun di Terminal Kampung Rambutan. Bahkan jumlah penumpang yang turun di Terminal Kampung Rambutan pada ‘shift’ pertama hari ini hampir tiga kali lipat dibandingkan periode waktu yang sama saat H+1 Lebaran pada Jumat (7/6/2019) yaitu hanya 4.542.

Sebelumnya Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Terminal Kampung Rambutan, Thofik Winanto mengatakan puncak arus balik penumpang di Terminal Kampung Rambutan akan terjadi hari ini. “Puncak arus balik diprediksi hari Minggu,” ucap Thofik, kemarin Sabtu (8/6/2019). Arus balik di Terminal Kampung Rambutan diprediksi akan mencapai puncaknya pada pukul 17.00 WIB, karena hingga kini masih banyak bus dari berbagai daerah di Pulau Jawa dan Sumatera yang menuju Terminal Kampung Rambutan.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here