Kesehatan

Anaknya Idap Autisme, Dian Sastro Ungkap 7 Tanda Gejala Autisme, Fokus Mata hingga Tantrum

Kenali sejak dini, berikut tujuh gejala autisme yang sempat diderita putra sulung Dian Sastro, termasuk tak mau kontak mata secara langsung. Dian Sastro membagikan tujuh gejala autisme yang sempat diidap putra bungsunya. Tak ada yang menyangka jika ternyata, Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo, putra sulung Dian Sastro sempat mengidap gejala autisme.

Dian Sastro awalnya tak percaya jika putranya harus mengalami gejala autisme di usia enam bulan kala itu. Tanda dari gejala autisme pertama kali Dian Sastro sadari saat sang putra tak pernah menatapnya secara langsung. Setelah dibawa ke dokter tumbuh kembang anak, anak pertama Dian Sastro ternyata didiagnosa autis.

"Aku rindu loh ada eye contact sama anak saya, aduh saya kalau ngomong begini pengin nangis loh," celetuk Dian Sastro dari panggung diskusi soal anak berkebutuhan khusus di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019). Dian sadar anaknya saat itu tidak bisa melakukan apa yang ia ingini saat itu. Meski demikian, Dian sudah memberikan terapi bertahun tahun kepada anaknya.

Hingga kini, anak pertama Dian sudah tidak lagi membutuhkan terapi lantaran perilakunya sudah tidak banyak berbeda dengan anak lainnya. Dian Sastrowardoyo mengimbau kepada seluruh ibu untuk lebih bersikap peka terhadap perlaku dan tumbuh kembang anak. Terkadang banyak ibu yang kompromi dengan sikap anak yang berbeda dari kebanyakan.

Sehingga banyak waktu yang terbuang sia sia. Sebagai ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus, Dian Sastro ingin berbagi hal positif untuk para ibu siang ini. Ada tujuh ciri khusus yang dibagikan Dian Sastro untuk mengenali ciri ciri autisme pada anak sejak usia dini.

Misalnya anak sulit diajak kontak mata, anak kesulitan bersosialisasi, anak memiliki fokus sendiri, motorik yang tidak berkembang, kesulitan komunikasi, dan tantrum. Ia mengajak para ibu, jika menjumpai satu atau dua ciri tersebut, harus segera membawa anak ke dokter tumbuh kembang anak. "Kalau ada yang aneh, buru buru periksa deh. Itu naluri ibu, jangan diremehin rasa curiga itu," tambah Dian Sastro.

Mengutip Hellosehat.com, Autisme adalah kelainan perkembangan saraf yang ditandai dengan adanya gangguan dalam interaksi sosial, perkembangan bahasa, dan komunikasi. Ciri ciri autisme bervariasi mulai dari yang paling ringan sampai berat sehingga anak memerlukan perhatian khusus. Gejala autisme pada anak dapat terlihat mulai dari tiga tahun pertama awal kehidupannya.

Beberapa anak menunjukan gejala autisme sejak lahir namun terdapat juga anak yang awalnya terlihat memiliki perkembangan yang normal dan gejala autisme tersebut baru terlihat pada saat usia 18 – 36 bulan. Apa saja gejala dan ciri ciri autisme pada anak? Secara umum, anak yang menderita autisme memiliki kesulitan dalam berkomunikasi.

Mereka sulit untuk mengerti mengenai apa yang orang lain pikirkan dan rasakan. Hal tersebut membuat mereka sulit untuk mengekspresikan kemauan mereka lewat bahasa secara lisan, bahasa tubuh maupun ekspresi wajah. Selain gangguan dalam berkomunikasi, anak dengan autisme juga sering melakukan kegiatan atau gerakan tubuh yang berulang seperti menggoyangkan atau mengebaskan tangan mereka.

Mereka cenderung melakukan aktivitas sendiri dan tidak tertarik terhadap lingkungannya.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here