Sains

Ada Gerbang Neraka 12 Tempat Misterius di Bumi & Dianggap Sebagai Portal Menuju ‘Dunia Lain’

Permukaan bumi memiliki kedalaman yang bervariasi. Seringkali, alamlah yang memiliki kendali. Namun, ada pula bagian di Bumi yang dibentuk oleh manusia.

Beberapa titik di Bumi yang berbeda kedalaman tersebut terkadang menjadi tempat yang misterius dan menakutkan. Sementara misterinya diperdebatkan oleh para ilmuwan, wisatawan justru berkunjung untuk mendapatkan potret yang bagus. Bright Side membuat daftar tempat misterius dan terdalam di bumi.

Tempat tempat tersebut dianggap sebagai portal menuju ke 'dunia lain', atau inti bumi. Satu di antaranya adalah 'Gerbang Neraka' di Turkmenistan. Berikut 12 tempat misterius dan terdalam di bumi :

Yasur adalah gunung berapi aktif di Pulau Vanuatu. Letusan terakhirnya terjadi pada 2017. Suku suku yang tinggal di pulau itu percaya bahwa ada dewa kuno yang hidup di kawah gunung berapi.

Ia bisa menjadi sangat marah jika diganggu. Itu sebabnya, hanya tetua dan cenayang yang bisa naik ke gunung berapi tersebut. Tentu saja, turis bisa berkunjung ke sana.

Banyak orang yang pergi ke sana untuk mendaki Yasur. Sebab, Yasur merupakan satu dari gunung berapi di dunia yang paling dapat dijangkau manusia. Bahkan, film CZ12 mengambil lokasi syuting di tempat tersebut pada 2012.

Big Hole adalah tambang nonaktif besar di Kota Kimberley. Dalam mendapatkan berlian, orang berhasil menggali lubang ini tanpa menggunakan peralatan apa pun. Upaya mereka membawa kesuksesan karena di sinilah berlian De Beers ditambang.

Berlian seberat 428,5 karat tersebut kemudian menjadi nama merek perhiasan legendaris. Meskipun terlihat mengerikan, sumur ini dibangun dengan niat mulia. Tujuannya yaitu untuk memberi air ke kots Orvieto selama adanya pengepungan.

Selain itu, sumur tersebut dibuat di bawah perlindungan gereja. Konstruksi dimulai pada 1527. Saat itu, Paus Klemens VII menetap di Orvieto setelah karung Roma.

Jika terjadi pengepungan, air diangkut melalui sumur ini dengan bagal (anak kuda dan keledai) ke benteng Albornoz. Lubang laut raksasa dengan diameter 1.000 kaki (304,8 meter) dan kedalaman hampir 400 kaki (121,92 meter) ini terbentuk secara alami. Tempat ini menarik banyak penyelam karena misterinya.

Namun, banyak dari mereka kehilangan nyawa di sini. Bahkan, Great Blue Hole dijuluki sebagai "kuburan para penyelam." Faktanya, kedalaman Great Blue Hole hanya cocok untuk penyelam yang sangat berpengalaman.

Meskipun begitu, terkadang banyak pendatang baru yang tidak begitu berpengalaman (tetapi nekat) datang ke sini dan berakhir menyedihkan. Kawah gas Darvaza diciptakan oleh manusia. Tempat ini disebut 'Gerbang Neraka' dan sudah ada hampir setengah abad sejak api yang dinyalakan pada 1971 membara.

Ada keruntuhan tanah saat pengeboran. Gas alam pun mulai keluar. Agar tidak membahayakan penduduk setempat, api Darvaza dinyalakan dalam satu atau dua hari.

Namun, nyala api Darvaza masih membara hingga sekarang. Bahkan, api terkadang mencapai lebih dari 3 kaki (hampir 1 meter). Diameter Gerbang Neraka ini hampir 200 kaki (60.96 meter).

Sementara itu, kedalamannya sekitar 65 kaki (19,8 meter). Ada sumur misterius yang dibangun pada awal abad terakhir di Sintra, sebuah kota di Portugal. Menara ini berfungsi sebagai transisi dari gelap ke terang

Tangga spiral yang mengelilingi sumur melambangkan jalur lingkaran surga atau neraka, tergantung ke arah mana kamu akan pergi. Para tukang batu biasa melakukan upacara inisiasi di tempat ini. Kedalaman konstruksinya mengesankan, yakni 10 lantai yang dapat kamu masuki ke dalam.

Spillway merupakan lubang buatan manusia terbesar di Amerika Serikat. Lubang ini terletak di California Utara. Spillway sangat mengesankan.

Berton ton air masuk hanya dalam beberapa detik. Konstruksi ini dibangun 50 tahun yang lalu. Hingga kini, Spillway masih menimbulkan perasaan yang mendalam bagi para wisatawan dari seluruh dunia.

Di Cina, sekelompok penjelajah gua tanpa sengaja menemukan sistem gua yang begitu besar. Sistem tersebut memiliki ekosistemnya sendiri. Kamu bahkan bisa menyaksikan awan terbentuk di dalam gua.

Sungai dan danau bawah tanah dalam sistem gua ini dihuni oleh makhluk hidup yang tidak ditemukan di tempat lain di Bumi. Di sini, kamu dapat melihat ikan albino tanpa mata. Mereka tidak memiliki warna dan penglihatan karena mereka hidup dalam kegelapan total.

Gua ini terletak di ketinggian lebih dari 5.000 kaki (1.524 meter). Eisriesenwelt merupakan bahasa Jerman, yang berarti "Raksasa Es Dunia". Ini adalah gua es terbesar di dunia.

Eisriesenwelt memiliki panjang 26 mil (hampir 42 kilometer) dan kedalaman lebih dari 1.300 kaki (sekitar 396 meter). Volume pertumbuhan es di gua ini lebih dari 1 juta kaki kubik. Dulu, para wisatawan harus berjalan kaki sejauh 1,524 km untuk mencapai gua.

Kini, ada kereta kabel khusus yang dapat mengantarkanmu ke sana hanya dalam beberapa menit. Lubang ini terbuat secara alami pada 1 Juni 2010. Sebuah pabrik 3 lantai dan rumah yang berdiri di sebelahnya mendadak ambles di siang hari.

Sebuah lubang besar pun muncul. Para peneliti mengatakan, tanahnya kaya akan batu kapur yang mudah tersapu oleh air. Penduduk setempat yakin bahwa sistem pembuangan limbah yang bobrok di kota bertanggung jawab atas peristiwa itu.

Ada banyak tepui (gunung berpuncak datar yang merupakan bagian dari sisa sisa dataran tinggi kuno dan terisolasi dari bagian dunia lainnya) yang terletak di wilayah Venezuela. Ratusan tahun yang lalu, lubang lubang besar terbentuk di dalamnya. Lubang terbesar terletak di Gunung Sarisariñama di negara bagian Bolivar, Venezuela.

Ada ekosistem hidup terpisah di bagian bawah lubang itu, yang terisolasi dari bagian dunia lainnya. Bahkan, ada pohon pohon besar di dalamnya. Gunung berapi Mutnovsky, di mana para ilmuwan telah menemukan sebuah gua es, terletak di Semenanjung Kamchatka, Rusia.

Gunung berapi tersebut hidup berdampingan dengan gua es. Sayangnya, gletser telah mencair secara aktif baru baru ini. Sehingga, lapisan atas gua menjadi sangat tipis.

Namun, tempat ini memiliki lengkungan fantastis di dalamnya. Apakah 12 tempat di atas membuatmu takut? Atau kamu justru ingin mengunjunginya dan melakukan perjalanan ke inti bumi?

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here