Travel

8 Nama Makanan Khas Indonesia Ini Ternyata Punya Kepanjangan

Makanan di Indonesia terkenal enak dan beragam tak heran jika negara ini menjadi surganya kuliner. Tapi tahukah kamu jika nama makanan di Indonesia ini punya kepanjangan? Cireng adalah singkatan dari aci goreng yang dalam bahasa Sunda artinya kanji goreng.

Sekarang cireng memiliki beberapa varian rasa mulai dari ayam, sapi, sosis, baso, keju hingga ayam teriyaki. Siapa yang tak tahu dengan batagor? Batagor ternyata merupakan singkatan dari baso dan tahu goreng.

Jajanan khas Bandung ini memodifikasi baso dan tah jadi satu makanan yang sangat enak. Hampir mirip dengan cireng yang terbuat dari kanji, namun cimol memiliki bentuk yang beda yakni bulat bulat. Tahukah kamu jika cimol merupakan kepanjangan dari aci digemol yang berasal dari Bahasa sunda yang artinya tepung kanji yang dibulat bulat.

Sama sama berasal aci (tepung kanji) layaknya cireng dan cimol, menjadikan makanan Indonesia yang satu ini disukai banyak orang. Cimol memiliki kepanjangan aci di colok. Makanan Indonesia ini bakalan enak banget kalau berpadu dengan bumbu kacang.

Comro adalah kepanjangan dari oncom di jero atau oncom yang berada di dalam. Meski mungil, kuliner khas Indonesia yang terbuat dari singkong parut ini nikmat banget. Ketoprak sendiri merupakan singkatan dari ketupat dan toge atau taoge yang digeprak.

Digeprak ini berarti dicampur menjadi satu. Sama seperti batagor, ketoprak juga disajikan dengan menggunakan bumbu kacang. Colenak dikenal juga dengan tape bakar.

Makanan ini terbuat dari peuyeum yang dibakar. Colenak disantap dengan mencocol tape bakar ke gula aren cair. Dari situlah muncul, colenak alias dicocol enak.

Kalau cuaca sedang panas, memang paling enak minum es doger. Tapi, kamu sudah tahu belum apa kepanjangan dari doger? Ternyata doger itu singkatan dari dorong gerobak.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here