Travel

7 Gunung yang Cocok Didaki Saat Puasa, Lama Waktu Pendakian Kurang dari 5 Jam

Mendaki saat bulan Ramadan? Kegiatan yang satu ini menarik untuk dicoba. Selain sebagai cara untuk refreshing , mendaki saat bulan Ramadan juga akan membuatmu semakin bersyukur. Namun yang perlu diperhatikan adalah gunung yang didaki.

Saat puasa tentu kondisi fisik akan lebih mudah lelah, sehingga sebaiknya mendakilah gunung dengan jalur landai. Traveler bisa mendaki sejumlah gunung yang tak terlalu tinggi dengan jalur yang cukup mudah. Berikut tujuh gunung dengan ketinggian tak sampai 3.000 mdpl yang bisa didaki saat bulan puasa.

Berada di Kabupaten Pandeglang, Banten, Gunung Pulosari memiliki ketinggian 1.346 mdpl. Bagi kamu yang ingin mendaki Gunung Pulosari, kamu bisa menghubungi Korps Penggiat Alam Cilegon (KOPAC). KOPAC dapat membantu memberikan informasi dan pemanduan mengenai pendakian Gunung Pulosari.

Terletak di Mojokerto, Jawa Timur, Gunung Penanggungan disebut sebut sebagai miniatur Gunung Semeru. Dengan ketinggian mencapai 1.653 mdpl, perjalanan mendaki memakan waktu sekitar empat jam. Jika sedang beruntung, pendaki bisa melihat lautan awan layaknya yang bisa dilihat pendaki saat menuju Puncak Mahameru, Gunung Semeru.

Gunung Andong yang terletak di Grabag, Magelang, Jawa Tengah, memiliki ketinggian mencapai 1.762 mdpl. Dari puncak gunung, terlihat Magelang dan sekitarnya dari ketinggian, serta Gunung Merapi dan Merbabu yang bersebelahan. Tak perlu khawatir, mendaki Gunung Andong hanya membutuhkan waktu dua hingga tiga jam.

Gunung Panderman terletak di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Dengan ketinggiannya mencapai 2.045 mdpl, Gunung Panderman memiliki trek yang cukup mudah didaki. Dari puncak terlihat lautan awan, sunrise dan pemandangan Kota Batu dari ketinggian.

Dengan ketinggian mencapai 2.050 mdpl, Gunung Ungaran dapat didaki selama empat jam. Dari puncak akan terlihat Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Andong dari kejauhan. Gunung Prau terletak di Wonosobo, Jawa Tengah, dengan ketinggian 2.565 mdpl.

Gunung ini digadang gadang sebagai salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset di Jawa Tengah, sehingga sering disebut dengan fenomena golden sunrise. Dari base camp Patak Banteng menuju puncak membutuhkan waktu kurang lebih empat jam. Gunung Papandayan terletak di Garut, Jawa Barat, dengan ketinggian mencapai 2.665 mdpl.

Gunung Papandayan dapat didaki selama kurang lebih empat jam. Gunung Papandayan pun memiliki spot foto yang begitu dikenal oleh pendaki yaitu Tegal Alun dan Hutan Mati.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here