Kesehatan

5 Jenis Makanan dan Minuman Ini Tak Boleh Dikonsumsi saat Perut Kosong, dari Kopi Hingga Yogurt

Ketika kamu dikejar kejar aktivitas pada, tentu kamu akan melewatkan sarapan kan? Lalu kamu akan melupakan makan siang hingga matahari tenggelam. Kebiasaan membiarkan perut kosong seperti ni tentu tidak baik apabila dilakukan terus menerus.

Karena, akan terjadi kerusakan pada organ tubuh yaitu lambung. Setelah kerusakan terjadi maka akan muncul penyakit, seperti maag guys. Cobalah untuk membuang jauh kebiasaan membiarkan perut kosong.

Selain itu hal lain yang perlu diketahui adalah jangan pernah mengonsumsi sejumlah makanan dan minuman ini saat perut masih kosong ya. Dilansir dari Grid.ID, ini adalah lima makanan yang harus dihindari saat perut kosong. Kira kira apa saja ya?

Yuk lihat daftarnya. Paling enak makan makanan manis di pagi hari, kayak donat, puding, atau makanan manis lainnya. Tapi tahu enggak kalau makanan dengan gula berlebih enggak sebaiknya kita makan ketika perut kosong?

Ketika kita makan makanan dengan gula berlebih saat perut kosong, apalagi makanan tersebut adalah gula yang sudah diproses, tubuh kita bakalan merasakan hal yang sama ketika kita minum alkohol berlebihan, yaitu bisa menyakiti hati kita! Minum kopi di pagi hari sebelum makan apapun memangakan terasa nikmat. Sayangnya ini bisa bikin pencernaan terganggu dan dada kita terasa panas, lho.

Ini bisa terjadi karena kopi punya kandungan tertentu yang bisa mengurangi asam pada lambung yang akhirnya menyusahkan sistem pencernaan makanan pada tubuh kita! Pisang dikenal sebagai buah paling bagus untuk diet. Selain mampu membantu seseorang menyembuhkan sembelit, sejumlah peneliti menyebut bahwa buah ini adalah makanan yang super hebat.

Namun bukan berarti kita memakannya ketika perut benar benar lagi kosong. Pisang punya kandungan magnesium dan potassium yang tinggi, ehingga kalau dimakan ketika perut kosong, mineral tersebut bakalan menjadikan kandungan magnesium dan potassium dalam darah kita malah enggak seimbang! Di dalam tomat ternyata ada kandungan tannic acid yang bisa meningkatkan asam lambung dan bikin kita jadi maag.

Itu kenapa tomat sebaiknya dimakan bersamaan dengan makanan berat lainnya, nih! Yoghurt memang sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk menjaga keasaman lambung dan menekan pertumbuhan bakteri patogen usus. Namun, alasan utama kita enggak boleh makan yogurt saat perut kosong adalah karena manfaat yang bisa kita dapatkan dari lactic acid dalam yogurt enggak bakalan efektif akibat tingginya asam pada lambung kita.

Lebih baik makan buah buahan terlebih dahulu dan tunggu setengah jam sebelum kita mengonsumsi yogurt, ya!

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here