Kesehatan

5 Cara Hilangkan Ketombe serta Merawat Rambut & Kulit Kepala Secara Alami

Ketombe sering kali mengganggu penampilan kebanyakan orang. Ketombe adalah sebuah kondisi kulit yang dapat menyebabkan kulit kepala gatal, mengelupas dan berminyak. Ketombe disebabkan karena berbagai hal, seperti kulit kepala kering, reaksi alergi terhadap produk perawatan rambut, pertumbuhan berlebih dari jamur seperti ragi yang disebut Malassezia, dan kondisi kulit lainnya.

Ketombe juga dapat memburuk saat Anda stres atau sakit. Musim dingin yang kering dan dingin juga dapat memicu ketombe atau meningkatkan keparahannya. Diet terkadang juga menjadi satu diantara penyebab ketombe, karena kulit kepala kekurangan vitamin B atau nutrisi dan vitamin yang dapat menyebabkan munculnya ketombe juga.

Menurut Dr. Macrene Alexiades Armenakas, seorang ahli dermatologi yang berbasis di New York, gizi buruk dapat menyebabkan ketombe. Dikutip dari , “Makanan tinggi karbohidrat dapat menyebabkan penumpukan glikogen di kulit, yang menjadi makanan ragi.” ujar Dr. Macrene Alexiades Armenakas Ahli Dermatologi New York. Makanan yang menghasilkan lebih banyak minyak pada kulit dapat menimbulkan munculnya ketombe. Jadi lebih baik Anda mencoba berhenti mengkonsumsi makanan berkarbohidrat dan gula berlebih.

Elizabeth Cunnane Phillips, seorang trichologist di Philip Kingsley Trichological Clinic , menjelaskan bahwa “Minyak dan sel kulit mati semakin menumpuk akibat jarangnya mencuci rambut. Maka sebaiknya Anda harus secara teratur mencuci rambut minimal beberapa kali seminggu untuk mengurangi penumpukan minyak dan sel kulit mati di rambut dan kulit kepala. Stres mempengaruhi kesehatan keseluruhan seseorang, begitu juga kesehatan rambut dan kulit kepala.

Stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, detak jantung, dan peradangan. Meskipun stres mungkin tidak secara langsung menyebabkan kelainan kulit, hal ini juga dapat memperburuk atau memicu munculnya ketombe. Berikut ini adalah beberapa bahan herbal menurut , yang cocok untuk dijadikan masker perawatan rambut dan kulit kepala:

Teh hijau memiliki antioksidan dan sifat anti mikroba yang dapat mempromosikan kulit kepala yang sehat dan juga kondisi rambut Anda sehingga tidak kering atau teriritasi. Cuka sari apel dapat membunuh jamur yang dapat menyebabkan ketombe. Ini memberikan bantuan dari rasa gatal dan dapat membantu meredakan ketombe. Minyak kelapa juga melawan jamur, yang dapat membantu menghilangkan ketombe danmembantu mengembalikan kilau ke rambut Anda.

Sari atau ekstraklemon segar mengandung asam yang membantu memecah jamur yang dapat menyebabkan munculnya ketombe. Soda kue atau baking soda dapatmenyerap minyak berlebih di kulit kepala dan juga dapat melawan jamur yang aktif, dan baking soda dapat membuat pengelupasankulit kepalayang aman tanpa menyebabkan iritasi dan hal ini dapat dijadikan langkah untuk mengurangi ketombe di rambut dan kulit kepala Anda. Jika semua langkah untuk mengurangi ketombe masih belum berhasil mengurangi munculnya ketombe, maka Anda perlu konsultasi ke Dokter.

Karena beberapa penyakit fisik dapat menyebabkan kulit kering dan mengelupas, dan hal ini adalah salah satu faktor awal munculnya permasalahan ketombe di kulit kepala. Itu tadi adalah 5 langkah atau cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi dan juga mengurangi munculnya ketombe di rambut dan kulit kepala Anda.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here